Adab Membaca Surat Yasin

Surat Yasin merupakan jantungnya Al Quran. Dengan demikian, membaca Surat Yasin sama saja dengan membaca Al Quran, bahkan ada yang menyatakan, kalau membaca Yasin satu kali, maka sama atau sebanding pahalanya dengan membaca Al Quran 10 kali. Namun pahala itu dapat didapat jika kita membaca Yasin seseuai dengan adab-adaban.

Karena Yaasin termasuk salah surat dalam Al Quran, maka dalam membacanya pun, adabnya sama dengan membaca Al Quran. Nah berikut ini Saya bagikan bagaimana adab dalam membaca bagian dari Al Quran termasuk Surat Yasin.

Ikhlas
Lakukanlah ketika membaca Yasin dengan niat penuh ketulusan, mengharapkan keridhoan Allah, tidak bermaksud untuk mencari dunia atau mencari pujian.

Mulut bersih
Hendaknya membaca Alquran dalam keadaan mulut yang bersih. Kalau mengalami bau mulut, maka bisa dibersihkan dengan siwak atau semisalnya.

Suci
Sebaiknya membaca Yasin dalam keadaan suci. Tetapi jika membacanya dalam keadaan tidak berwudhu, maka diperbolehkan berdasarkan konsiliasi para ulama. Ini hanya terkait dengan masalah membaca, tetapi untuk menyentuh Al-Qur'an atau buku Yasin, maka diperlukan bersuci dulu. Alasan yang mendukung ini adalah:

Di tempat bersih
Cari tempat yang bersih untuk membaca Yasin. Karena itu, para ulama sangat menganjurkan untuk membacanya di masjid. Selain karena masjid adalah tempat yang bersih dan dimuliakan, juga saat membacanya bisa sambil diniatkan i'tikaf.

Menghadap kiblat
Kita sebaiknya menghadap Kiblat saat membaca Yasin dan sambil duduk dalam keadaan sakinah dan penuh ketenangan.

Baca Ta'awudz
Mulailah membaca Yasin dengan membaca ta'awudz. Pembacaan ta'awudz menurut jumhur ulama adalah "a'udzu billahi minasy syaithonir rajiim". Membaca ta'awudz ini hukumnya sunnah, bukan kewajiban sesuai perintah Allah dalam Al Quran pada Surat An-Nahl: 98.

Baca Basmallah
Bacalah "bismillahir rahmanir rahim" ketika mulai membaca Yasin dan di awal setiap surat selain surat Bara'ah (At-Taubah). Jika memulai membaca di tengah surat, maka cukup dengan ta'awudz tanpa basmallah.

Khusyu
Semestinya ketika membaca Yasin dalam keadaan khusyu 'dan mencoba untuk mentadabbur (merenungkan) dan meresapi makna dari setiap ayat yang dibaca. Perintah untuk mentadabburi Al-Qur'an disebutkan dalam Surat Muhammad ayat 24.

Tartil
Bacalah Yasin dengan tartil yakni dengan membaca lambat dan tenang sesuai dengan firman Allah Surat Al Muzammil 4. Usahakan juga membaca Yasin dengan suara yang bagus dan merdu untuk menambah keindahan Uslub.

Sopan
Saat membaca Yasin, jangan memutuskan membaca suatu ayat hanya karena Anda ingin berbicara dengan orang lain. Juga dilarang untuk tertawa, bermain dan sebagainya, sambil membaca Yasin karena pekerjaan semacam itu tidak baik ketika membaca Kitab Suci dan tidak menghormati kekudusannya.

Itulah 10 adab dalam membaca Yasin dan Al Quran pada umumnya yang sesuai sunnah walaupun tidak Saya kemukakan beserta dalilnya, baik ketika membaca langsung dari mushaf ataupun di handphone, baik bagi wanita maupun pria.

Sumber :
https://rumaysho.com/11261-8-adab-membaca-al-quran.html
https://alqurankids.wordpress.com/2011/11/01/9-adab-penting-sebelum-dan-semasa-membaca-al-quran/


BACA JUGA : 4 Rekomendasi Buku Yasin


Tag : adab membaca yasin
Back To Top