Manfaat Membaca Surat Yasin Setelah Sholat Tahajud

Kita tahu bahwa sholat tahajjud adalah sholat malam yang dilakukan setelah bangun, afdalnya dilakukan dalam waktu sunyi setelah tengah malam. Solat sunat ini sangat dituntut dan dilakukan dengan sangat baik sebagai ibadah tambahan.

Sebagian besar Muslim membaca banyak surat Yasin karena mereka penasaran dan tertarik dengan fadhilah dan keutamaan surat Yasin. Memang benar banyak sekali fadhilah dan kebajikan khusus apabila kita membaca Surat Yasin ini.

Mengenai manfaat membaca Surat Yasin setelah sholat tahajud, ada sebuah hadits yang artinya: "Siapa pun yang membaca surat Yasin di malam hari karena mencari ridha Allah, pastilah Tuhan mengampuni dosanya."

Ada ulama yang menyatakan bahwa hadis ini lemah namun walaupun lemah maka hal ini bisa dijadikan dalil untuk diri sendiri sebagai keutamaan amal, karena pada intinya membaca Al Quran itu termasuk Yasin adalah ibadah. Jadi kita cari esensinya saja, yakni membaca Al Quran, karena membaca Al Quran itu hukumnya sunat tidak ada yang dhaif.

Manfaat Membaca Surat Yasin Setelah Sholat Tahajud

(Gambar : Beritaku.id)

Keutamaan lainnya, siapa yang mendawamkan membaca yasin tiap malam, maka apabila mati, matinya mati syahid. Keterangannya bisa dilihat dalam Kitab Al Itqaan. Begitu juga dalam kitab Jaami'us Shaghiir, dinyatakan bahwa yang membaca Yasin pada malam hari, maka paginya dia akan diberi ampunan. Dalam Syamsul Ma'arif dikatakan bahwa yang baca Yasin di malam atau siang hari, maka dia tidak akan melakukan dosa di hari itu.

Bahkan Nabi Muhammad apabila melakukan shalat malam, selalu melamakan berdirinya dengan membaca surat yang panjang setelah Fatihah. Hal ini bisa kita tiru dengan memilih Surat Yasin sebagai surat pilihan setelah Fatihah. Jadi kita tidak menjadikan Yasin sebagai surat yang dibaca setelah sholat tahajud saja.

Itulah yang bisa sampaikan seputar manfaat membaca bacaan Surat Yasin (Al Quran) setelah sholat tahajud. Untuk manfaat membaca surat yasin setiap hari, setelah sholat magrib, saat hamil, membaca yasin 3x dan lainnya nanti akan Saya sampaikan pada artikel selanjutnya.

Sumber :
Khaziinatul Asraar 167


BACA JUGA : 4 Rekomendasi Buku Yasin


Back To Top