Alquran Surat Yasin Ayat 82

Alquran Surat Yasin ayat 82 berbunyi :

إِنَّمَا أَمْرُهُ إِذَا أَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُولَ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ  

"Sesungguhnya urusannya-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya, Jadilah! Maka jadilah ia."

Pada ayat ini Allah menerangkan betapa mudah bagi Allah menciptakan sesuatu. Apabila Ia menghendaki untuk menciptakan sesuatu makhluk, cukuplah Allah berfirman: "Jadilah", maka dengan serta merta terwujudlah makhluk itu. Allah tidak akan pernah merasa susah untuk melakukan apapun, termasuk mengabulkan semua do'a yang kita panjatkan.

Allah maha Kuasa untuk menciptakan segala sesuatu yang tidak terhitung jumlanya. Jatuhnya dedaunan dari pohon, deburan ombak di samudera,  tumbuhnya berbagai macam tunas, tetes air hujan yang tak terhitung, kelahiran bayi manusia, kelahiran anak hewan dari induknya, letusan gunung, sakitnya manusia dan kematiannya, serta berbagai peristiwa lainnya, semua itu adalah hal-hal yang telah dikehendaki Allah dan merupakan ciptaan-Nya.

Dengan demikian, makna dari ayat dalam Surat Yasin 82 diatas adalah sebagai ungkapan bahwa Allah maha Kuasa untuk menciptakan segala sesuatu tanpa lelah, tanpa kesulitan, dan tanpa ada siapapun yang dapat menghalangi-Nya.

Dengan kata lain, bahwa bagi Allah sangat mudah untuk menciptakan segala sesuatu yang Ia kehendaki, sesuatu tersebut dengan cepat akan terjadi, tanpa ada penundaan sedikitpun dari waktu yang Ia kehendakinya.

Arti dari ayat ke 82 Surat Yasin ini tidak bermakna bahwa setiap Allah SWT akan menciptakan sesuatu, maka Allah mesti menggunakan media : “Kun”, dengan huruf “Kaf” dan “Nun” yang artinya “Jadilah…!”. Karena seandainya setiap berkehendak menciptakan sesuatu, Allah harus berkata “Kun”, maka dalam setiap saat perbuatan-Nya tidak ada yang lain kecuali hanya berkata-kata: “kun, kun, kun…”. Hal ini tentu rancu.


Alquran Surat Yasin Ayat 82


Karena sebenarnya, hanya dalam waktu yang sangat singkat saja, Allah Maha Kuasa dalam menciptakan segala sesuatu yang tidak terhitung jumlanya. Semua perkara tersebut bagi kita terjadi dalam hitungan yang sangat singkat, bisa terjadi secara beruntun bahkan bersamaan.

Adapun sifat perbuatan Allah sendiri tidak terikat oleh waktu. Allah menciptakan segala sesuatu, sifat perbuatan-Nya atau sifat menciptakan-Nya tersebut tidak boleh dikatakan “di masa lampau”, “di masa sekarang”, atau “di masa mendatang”. Sebab perbuatan Allah itu azali, tidak seperti perbuatan makhluk yang baru.

كَانَ اللهُ وَلَمْ يَكُنْ شَىءٌ غَيْـرُهُ

 “Allah ada pada azal (ada tanpa permulaan) dan belum ada sesuatupun selain-Nya”.
 (H.R. al-Bukhari, al-Bayhaqi dan Ibn al-Jarud)

Perbuatan Allah sama sekali tidak terikat oleh waktu serta tanpa menggunakan bantuan peralatan apa pun.. Benar, segala kejadian yang terjadi pada alam ini semuanya baru, semuanya diciptakan oleh Allah, namun sifat perbuatan Allah atau sifat menciptakan Allah tidak boleh dikatakan baru.

Selain itu, kata “Kun” merupakan salah satu kata dalam Bahasa Arab yang juga merupakan ciptaan Allah. Sedangkan Allah adalah Pencipta bagi segala bahasa. Maka bagaimana mungkin Allah sebagai al-Khaliq membutuhkan kepada ciptaan-Nya sendiri ?

Kalau saja Kalam Allah berbentuk bahasa seperti halnya manusia berkata, maka tentu akan tersusun dari huruf hijaiyyah serta mengandung suara, maka berarti sebelum Allah menciptakan bahasa, Dia diam tidak memiliki sifat Kalam, dan Allah baru memiliki sifat Kalam setelah Dia menciptakan bahasa-bahasa tersebut.

Bila seperti ini maka berarti Allah baru, persis seperti makhluk-Nya, karena Dia berubah dari satu keadaan kepada keadaan yang lain. Tentu hal seperti ini mustahil bagi Allah.

 لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَىءٌ

 “Tidak ada sesuatupun yang menyerupai-Nya”. 
(QS. as-Syura: 11)

Dengan demikian makna yang benar dari ayat dalam Surat Yasin 82 diatas adalah sebagai ungkapan bahwa Allah Maha Kuasa untuk menciptakan segala sesuatu tanpa lelah, tanpa kesulitan, dan tanpa ada siapapun yang dapat menghalangi-Nya. Dengan kata lain, bahwa bagi Allah sangat mudah untuk menciptakan segala sesuatu yang Ia kehendaki, sesuatu tersebut dengan cepat akan terjadi, tanpa ada penundaan sedikitpun dari waktu yang Ia kehendakinya.

Judul artikel lainnya yang sering banyak dicari adalah :
- Kelebihan Surah Yasin ayat 82
- Surat Yasin ayat 82 tulisan arab
- Surah Yasin ayat 36 jodoh
- Faedah Surah Yasin ayat 82
- Surat Yasin ayat 81
- Surah Yasin ayat 83 terjemahan
- Surat Yasin ayat 83 beserta artinya

BACA JUGA : 4 Rekomendasi Buku Yasin


Tag : alquran surat yasin
Back To Top