Doa Setelah Baca Yasin untuk Orang Meninggal

Membaca surat Yasin untuk orang yang telah meninggal adalah salah satu tradisi yang dilakukan oleh umat Islam sebagai bentuk doa dan penghormatan kepada almarhum atau almarhumah. Setelah selesai membaca surat Yasin, ada doa khusus yang sering dibaca untuk memohon rahmat dan ampunan bagi mereka yang telah berpulang. Artikel ini akan membahas doa setelah membaca Yasin untuk orang meninggal dan tata cara melaksanakannya.


Pentingnya Membaca Surat Yasin untuk Orang Meninggal

Surat Yasin dikenal sebagai jantung dari Al-Quran dan memiliki banyak keutamaan. Membaca surat Yasin di samping jenazah atau untuk orang yang telah meninggal dipercaya dapat memberikan ketenangan dan rahmat bagi almarhum atau almarhumah. Selain itu, doa-doa yang dipanjatkan setelah membaca surat Yasin diharapkan bisa membantu meringankan beban almarhum di alam barzakh.


Tata Cara Membaca Surat Yasin dan Doa Setelahnya

Berikut adalah tata cara membaca surat Yasin dan doa yang biasa dibaca setelahnya:

1. Niat dan Persiapan

Sebelum memulai, penting untuk menetapkan niat membaca surat Yasin untuk almarhum atau almarhumah. Pastikan Anda dalam keadaan bersih dan tenang.

2. Membaca Surat Yasin

Bacalah surat Yasin dengan khusyuk dan penuh penghayatan. Anda bisa membaca sendiri atau bersama-sama dengan keluarga atau jamaah lainnya.

3. Doa Setelah Membaca Yasin

Setelah selesai membaca surat Yasin, bacalah doa berikut ini:


Doa Setelah Membaca Yasin:

اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ لَنَا فِى الدُّنْيَا قُرَّةَ عَيْنٍ وَفِى الآخِرَةِ فَارَحْمْنَا وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهُ وَارْفَعْ دَرَجَاتِهِ فِى الْمَهْدِيِّينَ

Lafadz Latin:

Allahumma j'alhulanaa fid-dunyaa qurrata 'aynin wa fil-aakhirati farhamnaa wagfir lanaa wa lahu warfa' darajaatihi fil-mahdiyeen.

Artinya:

"Ya Allah, jadikanlah (pahala) bacaan Al-Quran ini sebagai penyejuk mata bagi kami di dunia dan akhirat. Rahmatilah kami, ampunilah kami dan dia (almarhum/almarhumah), serta angkatlah derajatnya di antara orang-orang yang mendapat petunjuk."

4. Doa untuk Almarhum/Almarhumah

Setelah doa di atas, Anda juga bisa menambahkan doa khusus untuk almarhum atau almarhumah. Berikut adalah salah satu contoh doa yang bisa dibaca:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ

Lafadz Latin:

Allahummaghfir lahu warhamhu wa 'aafihi wa'fu 'anhu wa akrim nuzulahu wa wasi' madkhalahu waghsilhu bil maa'i wath-thalji wal-baradi wa naqqihi minal khataya kamaa naqqaytath-thauba al-abyadha minad-danasi.

Artinya:

"Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, maafkanlah dia, muliakanlah tempat kembalinya, lapangkanlah kuburnya, mandikanlah dia dengan air, salju dan embun. Bersihkanlah dia dari segala kesalahan sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran."


Manfaat Doa Setelah Membaca Yasin

  • Mengharapkan Rahmat dan Ampunan: Doa-doa yang dipanjatkan setelah membaca surat Yasin diharapkan bisa menjadi wasilah untuk mendapatkan rahmat dan ampunan Allah bagi almarhum atau almarhumah.
  • Menguatkan Silaturahmi: Membaca surat Yasin bersama-sama keluarga dan sahabat almarhum dapat mempererat silaturahmi dan memberikan dukungan moral bagi yang ditinggalkan.
  • Menambah Keimanan: Kegiatan ini juga menjadi sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah dengan merenungi kematian dan kehidupan setelahnya.


Kesimpulan

Membaca surat Yasin dan doa setelahnya untuk orang yang telah meninggal adalah salah satu bentuk ibadah dan penghormatan yang diajarkan dalam Islam. Dengan membaca surat Yasin dan doa dengan penuh keikhlasan, diharapkan dapat membantu meringankan beban almarhum atau almarhumah dan mendatangkan ketenangan bagi keluarga yang ditinggalkan. Semoga amalan ini diterima oleh Allah SWT dan memberikan manfaat bagi semua yang terlibat.



BACA JUGA : 4 Rekomendasi Buku Yasin


Back To Top