Fadilah Membaca Surat Yasin

Kali ini Saya akan membahas apa saja fadilah membaca Surat Yasin. Dilansir dari IDN Times, berikut ini beberapa manfaat dan fadilah bagi orang yang membaca Surat Yasin.

Dosa-dosanya diampuni

Tidak ada manusia yang tidak berbuat dosa. Namun Allah SWT akan selalu mengampuni dosa para hamba-Nya. Salah satu amalan yang membuat Allah mengampuni dosa adalah dengan membaca Yasin, seperti sabda Nabi Muhammad yang diriwayatkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh At Thabrani dan Al-Bayhaqi, dari Abu Hurairah ra.

"Siapa pun yang membaca Yasin di malam hari berharap untuk ridha Allah, dosa-dosanya akan diampuni." (HR At Thabrani dan Al-Bayhaqi, dari Abu hurairah ra).

Segala urusannya di dunia menjadi sederhana

Jika Anda memiliki masalah dalam hidup, apakah itu perkelahian, hutang, atau masalah keluarga yang membuat pikiran Anda merasa bersalah, sering-seringlah membaca Surah Yasin. Tentunya kesulitan hidup akan menjadi lebih mudah. Penjelasan dalilnya dalam Sunaan Daarimi juz 2 halaman 549:

"Siapapun yang membaca surat Yasin di pagi hari, maka pekerjaan hari itu difasilitasi oleh kesuksesan, dan jika dia membacanya di penghujung hari, pekerjaannya sampai keesokan harinya akan dimudahkan juga." (Sunaan daarimi juz 2 hal.549)

Terhindar dari siksaan kuburan

Menjelang bulan suci Ramadhan biasanya ada tradisi yaitu mengunjungi kuburan dan membaca surat yasin atau biasa disebut ziarah kubur. Kegiatan ini berguna untuk meringankan siksaan berat bagi mereka yang sedang mengalaminya di alam kubur.

Sebagai penjelasan dari tafsir berikut: Barangsiapa mendatangi kuburan seseorang dan membaca surat Yasin, maka pada hari itu Allah SWT meringankan siksaan kuburannya dan diberikan kebaikan kepada sejumlah penghuni kuburan di kuburan tersebut. (Tafsir Nur ats-tsagalayn 4/373)

Ketika dia meninggal akan dianggap sebagai syahid

Manfaat lain dari surat Yasin adalah Allah SWT akan menjaga orang yang membacanya dari musibah termasuk melindunginya dari berbagai bencana, penyakit dan bahaya. Selain itu, orang yang membaca surat Yasin setiap hari, juga akan mudah sakaratul mautnya dan mati syahid.

Hal tersebut dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh At-thobroni yang berbunyi: "Barangsiapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam, maka ketika tanpa disangka-sangka menemui ajalnya, maka dia akan mati dalam keadaan syahid." (HR At-thobroni, dari keterangan Anas bin Malik).

Dimudahkan saat sakaratul maut

Selain terhindar dari ancaman penyiksaan berat, membaca surat Yasin juga diyakini bisa memudahkan Sakaratul Maut. Sebagaimana dijelaskan dalam tafsir Al-Quran Al Azhim berikut ini: "Membaca surat Yasin di sisinya, mayat akan diturunkan banyak rahmat dan berkah serta memudahkan keluarnya roh." (Tafsir alquran Al-azhim 6/562 daran nassyr wat tauzi)

"Adalah sunnah membaca surat Yasin di samping seseorang yang sedang menghadapi kematian." (Al - Majmu'syaih Al muhadzdzab 5/76 Dar'alim Bible)

Doa-doanya terkabul

Membaca surat Yasin tiga kali juga dapat menambah berkah Anda dalam hidup. Ini karena Allah SWT selalu mengabulkan doa orang-orang yang membaca surat Yasin secara lengkap dan mengulanginya sebanyak tujuh kali.

Hal tersebut dijelaskan dalam sebuah hadits yang berbunyi: “Barangsiapa membaca surat Yasin secara lengkap dan ketika sudah mencapai ayat 58 maka surat Yasin diulang sebanyak 7 kali, maka Allah SWT akan mempermudah dan mengabulkan keinginannya.”

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, surat yasin juga diyakini akan mempermudah urusan karena Allah selalu memberi jalan kepada hamba-hamba-Nya yang taat.

Fadilah Membaca Surat Yasin


Disamping itu, Brilio juga menambahkan daftar fadilah membaca Surat Yasin antara lain :

Mendapatkan ketenangan pikiran setelah membacanya

Membaca Alquran sama dengan dizikir. Dan seseorang yang memperbanyak dzikir akan memiliki hati yang tenang. Itulah keutamaan orang yang rajin membaca Surat Yasin atau surat lainnya. Sebagaimana firman Allah, "(yaitu) orang yang beriman dan hatinya akan damai dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah, hati bisa damai." (Ar-raad: 28).

Meningkatkan iman

Jika kita membaca Surat Yasin dengan memahami maknanya, maka kita akan mengerti betapa agungnya keagungan Allah, betapa mengerikan kematian itu, dan bagaimana para dai masa lalu berjuang untuk mempertahankan Islam. Tentu ini bisa membuat iman kita bertambah.

Membantu pertaubatan agar diterima oleh Allah

"Siapapun yang membaca Surah Yasin untuk meminta berkah Allah, akan diampuni dosa masa lalunya." (Al-baihagy dalam sy'abil iman dan mu'qil bin yasar rabersanma kanzul aumal Juz 112629).

Menerima banyak pahala

Dalam riwayat At-Tirmidzi dan Ad-Darimi, dijelaskan bahwa Nabi Shallallahu alaihi wa sallam menjelaskan, Surat Yasin adalah inti dari Alquran. Dan siapapun yang membaca Alquran akan mendapatkan pahala yang sama seperti membaca Alquran 10 kali.

Mendapatkan berkah dalam hidup

Manfaat membaca Surah Yasin sebanyak 3 kali dapat membuat keberkahan hidup bertambah. Ini karena pahala membaca ayat suci Alquran ini. Jika hidup menjadi lebih diberkahi, maka semua urusan di dunia ini dan di akhirat pasti akan lebih lancar.

Bahkan Surah Yasin juga dipercaya dapat mempermudah, karena Allah selalu memberi jalan kepada hamba-hamba yang taat. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits: Barangsiapa membaca Surah Yasin secara lengkap dan bila sudah mencapai ayat 58 Surah Yasin diulang sebanyak 7 kali, maka Allah akan mempermudah dan mengabulkan keinginannya.

Meraih kemuliaan

Pada dasarnya setiap huruf dalam Alquran itu baik. Dengan membaca Alquran secara rutin, termasuk Surah Yasin, kita akan dimuliakan oleh Allah. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits: “Siapapun yang membaca Alquran dan beramal dengan isi kandungannya, akan dianugerahi baik ayah maupun ibu sebuah mahkota pada Hari Kiamat. Cahayanya (mahkotanya) lebih baik dari sinar matahari di rumah-rumah dunia. Jika itu yang terjadi Kalau matahari ada di dalam rumahmu (dipenuhi sinarnya), maka apa yang kamu curigai orang-orang yang beramal dengan ini (Alquran). ”(HR. Abu Daud).

Memberi syafa'at di akhirat

Dari sahabat Abu Umamah Al-Bahili radhiallahu anhu, saya mendengar Rasulullah sallallahu alaihi wasallam berkata: "Bacalah Alquran olehmu. Karena itu (Alquran) akan datang pada hari kiamat sebagai shafa'at bagi orang yang rajin membacanya." (HR Muslim).

Membersihkan jiwa

Membaca Alquran secara teratur bisa membuat jiwa bersih. Ini bisa disamakan dengan bunga yang harum. Tentu saja fitur ini berlaku untuk semua surat dalam Alquran, termasuk Surat Yasin.

Dari sahabat Abu Musa Al-Asy'ari radhiallahu anhu bersabda, bahwa Nabi Shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Analogi seorang mukmin yang rajin membaca Alquran adalah seperti buah al-atrujah yang harum dan rasanya enak. Perumpamaan orang mukmin yang tidak membaca Alquran seperti Kurma tidak beraroma tapi berasa manis. "

Menerangi pada Hari Penghakiman

Dari Abu Hurairah ra bersabda bahwa Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa mendengar satu ayat dari kitab Allah Ta'ala (Alquran) dituliskan untuknya kebaikan ganda. Barangsiapa membacanya juga, baginya cahaya pada Hari Kebangkitan. "

Demikian yang bisa Saya sampaikan seputar berbagai macam fadhilah dan manfaat membaca surat yasin setelah sholat maghrib atau kapan pun, entah itu 1x, 3x, 7x, 41 kali dan lainnya. Silahkan Sobat jajal kesaktian Surat Yasin dengaan sering membacanya secara ikhlas. Jangan khawatir karena tidak ada efek samping akibat sering membaca Surat Yasin.



BACA JUGA : 4 Rekomendasi Buku Yasin


Back To Top