Doa Setelah Membaca Surat Yasin Pada Malam Jumat

Heran Saya, kenapa banyak website berita yang menulis doa setelah membaca Surah Yasin. Nggak kasihan sama blogger pemula, semua tema tulisan di embatnya, mentang-mentang punya banyak karyawan dan bisa menulis sampai ratusan per hari.

Bagi Saya sebagai blogger pemula dan masih menggunakan blog gratisan, jadi berfikir keras bagaimana cara membuat sebuah tulisan yang tidak terlalu banyak kompetitornya.

Begitu halnya dengan tema kali ini, walaupun di halaman pertama, banyak dijejali oleh website berita untuk kata kunci “doa setelah membaca Surah Yasin”, tapi Saya cuek aja sih karena blog Saya adalah blog niche bukan blog gado-gado kayak website berita yang banyak dijejali puluhan iklan Adsense maupun non Adsense.

Blog niche biasanya selalu diingat oleh pembaca karena memang hanya membahas satu tema saja secara mendalam, tanpa diobok-obok dengan tema lain yang bikin nilai RPM Adsensenya mengecil.

Oke kembali ke tema awal, yakni Saya akan menulis doa setelah membaca Surah Yasin pafa malam Jumat atau waktu lainya. Membaca surat Yasin pada Jumat malam memiliki keutamaan yang sangat lahiriah. Selain menerima pahala, Allah SWT juga akan mengabulkan keinginan kita.

Hal tersebut seperti yang tertuang dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dari Al Habr: "Siapapun yang membaca Surah Yasin dan Ash-Shaffat pada malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya." (HR Abu Dawud dari Al-Habr)

Dalam keterangan lain dikatakan bahwa : “Barangsiapa membaca Surat Yasin, maka Allah SWT akan menuliskan bacaan tersebut dengan membaca Alquran sepuluh kali ”(HR. Tirmidzi).

Sungguh suatu kearifan dan keutamaan yang sangat luar biasa dari mengamalkan atau membaca Surah Yasin. Dan seperti surat-surat Alquran lainnya, setelah membacanya dianjurkan untuk berdoa.

Begitu dahsyatnya keutamaan surat Yasin, Rasulullah SAW menebutnya sebagai jantung Al-Qur'an. Rasulullah juga memerintahkan kepada kita untuk membacakan surat Yasin kepada orang yang sedang sekarat agar ia mendapatkan bimbingan menuju husnul khatimah dan diampuni segala dosanya.

Oleh karena itu, sebagai seorang muslim dianjurkan untuk membaca surat yasin. Kemudian setelah membaca surat Yasin berdoa memohon hajat kepada Allah SWT.

Doa Setelah Membaca Surah Yasin


Doa Setelah Membaca Yasin

Dilansir dari Iqra.id, Inilah doa tersembut :

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ.

BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM

اللّٰهُمَّ اِنّٓا نَسْتَحْفِظُكَ وَ نَسْتَوْدِعُكَ اَدْيَانَنَا وَاَنْفُسَنَا وَاَهْلَنَا وَاَوْلَادَنَا وَاَمْوَالَنَا وَكُلِّ شَيْءٍ اَعْطَيْتَنَا

ALLAAHUMMA INNAA NASTAHFIDZHUKA WA NASTAUDI’UKA DIINANA WA ANFUSANAA WA AHLANAA WA AULAADANAA WA AMWAALANAA WA KULLA SYAI’IN A’THAITANAA.

Ya Allah, kami memohon penjagaan-Mu dan menitipkan kepada-Mu agama kami, dari kami, keluarga kami, anak-anak kami, harta benda kami, dan apa saja yang telah engkau berikan kepada kami.

 اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ فِى كَنَفِكَ وَاَمَانِكَ وَجِوَارِكَ وَعِيَاذِكَ مِن كُلِّ شَيْطَانٍ مَرِيدٍ وَجَبَّارٍ عَنِيدٍ وَذِى عَيْنٍ وَذِى بَغْيٍ وَمِنْ شَرِّ كُلِّ ذِى شَرٍّ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

ALLAHUMMAJ’ALNAA WA IYYAAHUM FII KANAFIKA WA AMAANIKA WA JIWAARIKA WA ‘IYAADZIKA MIN KULLI SYAITHAANIM MARIID WA JABBAARIN‘ ANIID WA DZII ‘AININ WA DZII BAGHYIN WA MIN SYARRI KULLI DZII SYARRIN INNAKA ‘ALAA KULLI SYAI’IN QADIIR.

Ya Allah, semoga Engkau menjadikan kami dalam penjagaan, tanggungan, kedekatan dan perlindungan-Mu dari godaan setan yang menggoda, orang yang kejam, zalim dan durhaka, dan dari kejahatan penjahat, sesungguhnya engkau adalah maha kuasa atas segala sesuatu.

 اَللّٰهُمَّ جَمِّلْنَا بِالْعَافِيَةِ وَالسَّلَامَةِ وَحَقِّقنَا بِالتَّقْوٰى وَالْاِسْتِقَامَةِ وَاَعِذْناَ مِنْ مُوجِبَاتِ النَّدَامَةِ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ

ALLAAHUMMA JAMMILNAA BIL’AAFIYATI WAS SALAAMATI WA HAQQIQNAA BIT TAQWAA WAL ISTIQAAMATI WA A’IDZNAA MIN MUUJIBAATIN NADAAMATI INNAKA SAMII’UD DU’AA’I.

Ya Allah, baguskanlah kami dengan kesehatan dan keselamatan, dan sejatikanlah kami dengan takwa dan istiqamah, jagalah kami dari penyesalan, karena sesungguhnya Engkau maha mendengarkan Doa.

 اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَلِاَوْلَادِنَا وَمَشَايِخِنَا وَلِاِخْوَانِنَا ِفِى الدِّينِ وَلِاَصْحَابِنَا وَاَحْبَابِنَا وَلِمَنْ اَحَبَّنَا فِيكَ وَلِمَنْ اَحْسَنَ اِلَيْنَا وَ لِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ يَارَبَّ العَالَمِيْنَ

ALLAAHUMMAGHFIRLANAA WA LI WAALIDIINA WA LI AULAADINAA WA LI MASYAAYIKHINAA WA LI IKHWAANINAA FIDDIINI WA LI ASHHAABINAA WA AHBAABINAA WA LIMAN AHABBANAA FIIKA WA LIMAN AHSANA ILAINAA WA LIL MUMINIINA WAL MUMINAATI WAL MUSLIMINIINA WAL MUSLIMAATI YAA RABBAL ‘AALAMIIN.

Ya Allah ampunilah kami, kedua orang tua kami, anak-anak kami, guru-guru kami, saudara-saudara kami seagama, sahabat-sahabat kami, kekasih-kekasih kami, orang yang mengasihi kami karena Engkau, dan kepada siapa saja yang berbuat baik kepada kami, orang-orang yang beriman laki-laki dan perempuan dan orang-orang yang beragama Islam laki-laki dan perempuan, wahai Tuhan semesta alam.

 وَصَلِّ اَللّٰهُمَّ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُولِكَ سَيِّدِنَا وَمَوْلاَناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

WA SHALLILLAAHUMMA ‘ALAA ‘ABDIKA WA RASUULIKA SAYYIDINAA WAMAULAANAA MUHAMMADIN WA ‘ALAA AALIHI WASHAHBIHII WASALLAM.

Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada hamba dan utusan-Mu, yaitu junjungan kami Nabi Muhammad saw. beserta para keluarga dan sahabatnya.

 وَارْزُقْنَا كَمَالَ الْمُتَابَعَةِ لَهُ وَظَاهِرًا وَبَاطِنًا فِي عَافِيَةٍ وَسَلَامَةٍ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

WARZUQNAA KAMAALAL MUTAABA’ATI LAHU ZHAAHIRAN WA BAATHINAN FII ‘AAFIYATIN WA SALAAMATIN BIRAHMATIKA YAA ARHAMAR RAAHIMIIN.

Dan limpahkan kepada kami kesempurnaan mengikutinya lahir dan batin, dalam keadaan sehat dan selamat dengan rahmat-Mu wahai sebaik-baik Penyayang dari para penyayang.

Doa versi lainnya yang bisa Sobat baca adalah :

وَاعْفُ عَنَّا يَا كَرِيْمُ 

WA'FU   'ANNAA YAA KARIIM - 2X

Maafkanlah kami wahai Tuhan yang pemurah

 بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ ارْحَمْنَا

BIRAHMATIKA YAA ARHAMAR RAAHIMIINA IRHAMNAA

Dengan kasih sayang-Mu wahai zat yang paling pengasih, kasihanilah kami.

 اَللَّهُمَّ بِحَقِّ الفَاتِحَةِ وَبِسِرِّ الفَاتِحَةِ وَبِكَرَامَةِ الفَاتِحَةِ، يَا فَارِجَ الهَمِّ يَا كَاشِفَ الغَمِّ يَا مَنْ لِعَبْدِهِ يَغْفِرُ وَيَرْحَمُ

ALLAAHUMMA  BIHAQQL FAATIHATI WA BISIRRIL FAATIHATI WA BIKAROOMATIL FAATIHATI  YAA FAARIJAL HAMMI YAA KAASYIFAL GHOMMI YAA MAL LI'ABDIHII YAGHFIR WA YARHAM

Ya Allah, berkat hakikat, rahasia, dan kemuliaan Surat Al-Fatihah, wahai Tuhan pemberi jalan dari kebingungan, pembuka jalan dari kebimbangan, wahai Tuhan yang pengampun dan penyayang hamba-Nya, 

 اَللَّهُمَّ اغْفِرْ ذُنُوْبَنَا وَاسْتُرْ عُيُوْبَنَا وَفَرِّجْ هُمُوْمَنَا وَاكْشِفْ غُمُوْمَنَا وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِنَا، دَعْوَاهُمْ فِيْهَا

ALLAAHUMMAGHFIR DZUNUUBANAA WASTUR 'UYUUBANAA WA FARRIJ HUMUUMANAA WAKSYIF GHUMUUMANAA WA ASHLIH DZAATA BAYNANAA DA'WAAHUM FIIHAA

ya Allah ampunilah dosa kami, tutuplah aib kami, berikan jalan atas kebingungan kami, bukakanlah jalan atas kebimbangan kami, dan damaikanlah perseteruan di antara kami. 'Doa mereka (ahli surga) di dalamnya adalah

 سُبْحَانَكَ اَللَّهُمَّ وَتَحِيَّتُهُمْ فِيْهَا سَلَامٌ، وَآخِرُ دَعْوَاهُمْ أَنِ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

SUBHAANAKALLAAHUMMA WA TAHIYYATUHUM FIIHAA SALAAM WA AKHIRU DA'WAAHUM ANIL HAMDU LILAAHI RABBIL 'AALAMIIN

 'Maha suci Engkau ya Allah.' Penghormatan mereka di dalamnya adalah salam. Akhir doa mereka adalah 'Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.'"

Demikianlah doa setelah membaca surat yasin malam jumat atau untuk arwah orang meninggal atau sesudah tahlil dan hajat lainnya. Sobat juga bisa mengetahui doa setelah membaca surah yasin via mp3 atau video Youtube.



BACA JUGA : 4 Rekomendasi Buku Yasin


Back To Top