Manfaat Membaca Surat Yasin 3x (Kali) Pada Malam Nisfu Sya'ban

Manfaat membaca Surat Yasin 3x ini biasanya dihubungkan dengan malam Nisfu Syaban yakni malam ke 15 di bulan Syaban. Pada malam ini pada sebagian umat Islam ada yang melakukan ritual berupa membaca Surat Yasin sebanyak 3 kali sesudah maghrib.

Setiap kali akan memulai membaca Yasin, ada niat terlebih dahulu. Maksud niat di sini adalah permintaan atau doa yang mudah-mudahan bisa dikabul oleh Allah melalui washilah pembacaan Surat Yasin tersebut.

Adapun manfaat membaca Surat Yasin pada saat itu adalah :

  • Agar umur panjang dalam ketaatan dan kekuatan iman
  • Agar dipelihara dari berbagai macam musibah
  • Agar mendapat kekayaan hati kepada Allah dan digolongkan dengan orang yang husnul Khotimah

Manfaat membaca Surat Yasin 3 kali ini juga dijelaskan oleh Liputan 6 sebagai berikut :

Mendapat kehidupan yang berkah

Manfaat membaca Surat Yasin sebanyak 3 kali ternyata dapat menambah keberkahan hidup. Ini karena pahala membaca ayat suci Al Quran ini. Jika hidup menjadi lebih diberkahi, semua urusan di dunia ini dan di akhirat pasti akan lebih lancar.

Bahkan Surat Yasin juga dipercaya bisa mempermudah, karena Allah selalu memberi jalan kepada hamba yang taat. Ibarat membaca ayat suci Al Quran, salah satunya adalah Surat Yasin.

Mendapatkan kelancaran rezeki

Surat Yasin ini juga salah satu cara mendapatkan kelancaran rezeki. Termasuk kelancaran rezeki ini berupa memperlancar segala keinginan, dengan terus istiqomah dan melakukan yang terbaik, Allah SWT akan mempermudah segala sesuatunya.

Barangsiapa membaca Surat Yasin dari pagi, maka pekerjaan hari itu difasilitasi oleh kesuksesan, dan jika dia membacanya di penghujung hari, pekerjaannya hingga keesokan paginya juga akan difasilitasi.

Bisa jauh dari bencana

Surat Yasin ini merupakan salah satu cara agar terbebas dari bencana. Allah SWT akan lebih melindungi, termasuk diselamatkan saat hidup di dunia, tidak diberi penyakit berbahaya, syahid, memudahkan untuk meninggalkan roh, bahkan diberi keselamatan di akhirat.

"Barangsiapa membiasakan membaca Yasin setiap malam, tanpa disangka ia akan menemui ajalnya, maka ia akan mati dalam keadaan syahid." (HR.At-thobroni, dari keterangan Anas bin malik).

Mendapatkan kebahagiaan

Surat Yasin juga bisa mendatangkan kebahagiaan. Apalagi jika yasin ini dibaca setiap hari, selain membuat pikiran lebih tenang dan tidak gelisah, banyak juga yang akan menyukainya dengan izin Allah SWT.

"Mereka yang beriman dan hatinya akan damai dengan mengingat Allah. Ingat, hanya dengan mengingat Allah, hati bisa damai." (Ar-ra'ad: 28).

Dosa diampuni

Selain bisa mendatangkan rasa aman dan bahagia, Surat Yasin juga bisa membuat pahala yang kamu dapatkan semakin berlipat ganda. Selain itu, dosa-dosa yang dimiliki selama hidup meskipun dosanya sebesar gunung akan lebih mudah diampuni oleh Allah SWT.

"Barangsiapa membaca Yasin di malam hari dengan harapan ridha Allah, dosa-dosanya akan diampuni." (HR At Thabrani dan Al-Bayhaqi, dari Abu hurairah ra).

Meringankan siksaan kuburan

Membaca Surat Yasin untuk orang yang sudah meninggal akan membuat siksaan kuburan menjadi lebih ringan. Begitu pula ketika dia menjadi orang baik, kesejukan di dalam kubur akan lebih menenangkan dan tidak ada rasa takut sama sekali. Selain itu, mereka juga akan mendapat pahala yang sama besarnya dengan para penghuni kuburan.

"Barang siapa mengunjungi kuburan seseorang dan melafalkan Surat Yasin, pada hari itu Allah SWT meringankan siksaan kuburannya dan memberikan kebaikan kepada sejumlah penghuni kuburan di kuburan itu." (Tafsir Nur ats-tsagalayn 4/373).

Pembacaan Surat Yasin sendiri sering terdengar pada acara tahlil untuk mendoakan orang yang baru meninggal. Dengan harapan Surat Yasin dapat membantu orang yang meninggal. Melakukan kebiasaan membaca yasin seperti di atas, merupakan tradisi yang sangat baik untuk dilestarikan.

Selain dari membacanya adalah Al Quran yang tentunya akan menjadi pahala bagi yang mau membaca dan mengamalkannya, juga karena tradisi semacam itu, ada semangat persatuan antara masyarakat bangsa pada umumnya dan umat Islam pada khususnya.

Oleh karena itu tidak ada alasan untuk tidak melestarikan tradisi yasinan yang sangat mulia dan diberkati ini.

Disamping itu, keutamaan membaca Yasin ini juga berbeda-beda tergantung berapa kali Surat Yasin dibaca. Sebagai contoh, informasi dari Santri Semeru, didapat sebagai berikut :

Khasiat Baca Yasin 7x

Dalam kitab yang berjudul Sa'adatud Darain dan yang dikutip dari Kitab Minhajul Hanif dijelaskan bahwa ada fungsi besar yakni mengabulkan berbagai niat dengan membaca Surat Yasin. Caranya adalah dengan membaca Surat Yasin 7 kali setelah shalat Subuh.

Dan dalam mempraktekkan hal ini tentunya ada aturan main yang perlu anda ketahui, seperti:

Membaca يس lafadh sebanyak 7 kali

Jika Anda sampai pada ayat ini   لك تقدرالز يز العيم  baca 14 kali

Jika Anda sampai ayat  سلم قو لا من ر ب ر حيم, mohon dibaca 7 kali

Ayatالذ ى خلق السمو ت والارض  بقد ر ءلى ان يخلق., dibaca 12 kali

Manfaat Membaca Surah Yasin 41 kali

Ada juga yang mengatakan bahwa jika ingin kaya mendadak, maka bisa dengan membaca Surat Yasin sebanyak 41 kali, tanpa berpindah tempat dan tanpa berbicara sebelum mencapai 41 kali, Insya Allah akan menemukan keajaiban setelahnya.

Berikut tata cara pembacaan Surat Yasin sebanyak 41 kali:

  • Baca Basmalah
  • Kemudian surat Al-Fatihah
  • Kemudian sholawat 11 kali
  • Kemudian membaca Surat Yasin sebanyak 41 kali
  • Ditutup dengan Al-Fatihah
  • Terakhir membaca do'a atau keinginan yang diinginkan

Keutamaan Surat Yasin Ayat 58

Kebanyakan orang membaca karena tergoda oleh fadhilah atau keutamaan surah yasin yang mereka dengar atau ketahui. Karena memang isi dan fadhilah Surat Yasin sangat banyak dari pembawa berkah sampai menolong orang yang sedang sekarat.

Namun tahukah anda bahwa siapapun yang membaca Surah Yasin secara lengkap dan penuh khusyu pada ayat 58 yang berbunyi 'SALAAMUN QAULAN MIN RABBIN RAHIM' dan diulang 7 kali untuk 7 niat baik, maka Insya Allah dengan izin Yang Maha Kuasa semua keinginan kita akan terkabul.

Manfaat Membaca Surat Yasin 3x


Kesaktian Surat Yasin Secara Umum

Banyak sekali manfaat membaca Surah Yasin. Diantaranya jika dibacakan kepada orang sakaratul maut, maka akan memudahkan orang tersebut menghadap kepada Tuhan.

Karena mengandung banyak keutamaan dari Surat Yasin, hal inilah yang membuat surat ini banyak dibaca oleh jemaah pengajian dan tahlil jumat malam. Tidak hanya itu, masih banyak manfaat yang didapat saat membaca surat makiyah ini.

Waktu setelah shalat fardu adalah salah satu waktu terbaik yang doanya terkabul, dan berikut manfaat lainnya membaca Surat Yasin setelah shalat fardu.

Meningkatkan Berkat Kehidupan

Pahala yang melimpah adalah salah satu keistimewaan bagi orang yang membaca Al Quran dengan niat karena Allah. Jadi jangan pernah berhenti membaca Al Quran setiap hari meski hanya satu ayat.

Jika hidup kita diridhoi oleh Allah SWT, maka hati akan terasa tenang karena ridha Allah yang membuat segala sesuatunya berjalan dengan lancar.

Lebih Dekat dengan Sang Pencipta

Surat dalam Al-Quran adalah firman Allah yang ditujukan untuk kebaikan hamba-Nya. Melalui Al-Quran Allah menyampaikan dan menjelaskan hakikat ciptaan-Nya dan manusia sehingga kita selalu takut padanya.

Menambah Ilmu dalam Memahami Al Quran

Sebagai umat Islam yang wajib beriman kepada Al Quran, kita harus sering membaca, memahami dan belajar secara terus menerus, termasuk Surat Yasin ini. Karena setiap manusia memiliki kemampuan yang sangat terbatas, terutama bahasa.

Membaca Surat Yasin secara terus menerus diyakini dapat menambah ilmu dan pemahaman agama seseorang, terutama kandungan ayat di dalamnya.

Meningkatkan Keyakinan Seseorang

Surah Yasin diturunkan oleh Allah SWT untuk menjawab keraguan orang-orang kafir tentang kerasulan Nabi Muhammad.

Surat yang memiliki 83 ayat ini berisi penjelasan tentang kerasulan nabi Muhammad SAW sebagai nabi terakhir yang mengajak umatnya untuk menempuh jalan yang lurus sesuai dengan perintah Allah.

Dengan membaca surat ini berulang-ulang dan memahami maknanya, maka akan menambah keyakinan kita bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.

Mendapatkan pengampunan dosa

Orang yang selalu membaca Surat Yasin dan mengamalkannya, maka dosanya akan diampuni oleh Allah SWT. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh At Thabrani, di mana disebutkan bahwa seseorang yang membaca Surat Yasin pada malam hari, keesokan harinya dosa orang tersebut akan diampuni.

Memudahkan saat sakaratul maut

"Barangsiapa membiasakan membaca Yasin setiap malam, tanpa disangka ia akan menemui ajalnya, maka ia akan mati dalam keadaan syahid." (HR At-Thabrani, dari keterangan Anas bin Malik).

Membuat segalanya lebih mudah

Barangsiapa membaca Surat Yasin dari pagi, maka pekerjaan hari itu difasilitasi dengan sukses, dan jika dia membacanya di penghujung hari, maka pekerjaannya hingga keesokan paginya juga akan dimudahkan. (Sunaan daarimi juz 2 hal. 549).

Mendapatkan ketenangan pikiran setelah membacanya

Membaca Al Quran sama dengan dizikir. Dan seseorang yang memperbanyak dzikir akan memiliki hati yang tenang. Itulah keutamaan orang yang rajin membaca Surat Yasin atau surat lainnya.

Terhindar dari siksaan kuburan

Fadhilah Surat Yasin dipercaya bisa meringankan siksa kubur yang mengerikan. “Barangsiapa mendatangi kuburan seseorang dan membacakan Surah Yasin, maka pada hari itu Allah SWT meringankan siksaan kuburannya dan memberikan kebaikan kepada sejumlah penghuni kuburan di kuburan itu”. (Tafsir Nur ats-tsagalayn 4/373).

Diperpermudah sakaratul maut

Membaca Surat Yasin juga dipercaya dapat membantu sakaratul maut agar lebih mudah. Sebagaimana dijelaskan dalam tafsir Al-azhim Al Quran: "Membaca Surah Yasin yang di sisinya ada orang yang sakaratul maut maka akan menurunkan banyak rahmat dan berkah dan memudahkan keluarnya roh." (Tafsir Al Quran Al-azhim 6/562 daran nassyr wat tauzi).

Meningkatkan iman

Jika kita membaca Surat Yasin dengan memahami maknanya, maka kita akan mengerti betapa agung keagungan Allah SWT, betapa mengerikan kematian itu, dan bagaimana para dai masa lalu berjuang mempertahankan Islam. Tentu ini bisa membuat iman kita bertambah.

Semua keinginan dikabulkan

Jika ada keinginan yang diinginkan, maka dengan membaca Surah Yasin dapat dipastikan Allah mengabulkannya.

Membantu mendapat pengampunan dari Allah

"Siapapun yang membaca Surah Yasin untuk meminta berkah Allah, akan diampuni dosa masa lalunya." (Al-baihagy dalam sy'abil iman dan mu'qil bin yasar rabersanma kanzul aumal Juz 112629).

Menerima banyak pahala

Dalam riwayat At-Tirmidzi dan Ad-Darimi, dijelaskan bahwa Nabi Shallallahu alaihi wa sallam menjelaskan, Surat Yasin adalah inti dari Al Quran. Dan siapapun yang membaca Al Quran akan mendapatkan pahala yang sama seperti membaca Al Quran 10 kali.

Meraih kemuliaan

Pada dasarnya setiap huruf dalam Al Quran itu baik. Dengan membaca Al Quran secara rutin, termasuk Surah Yasin, kita akan dimuliakan oleh Allah.

Mendapat syafa'at di akhirat

Dari sahabat Abu Umamah Al-Bahili radhiallahu anhu, saya mendengar Rasulullah sallallahu alaihi wasallam berkata: "Bacalah Al Quran olehmu. Karena itu (Al Quran) akan datang pada hari kiamat sebagai shafa'at bagi orang yang rajin membacanya." (HR Muslim).

Membersihkan jiwa

Membaca Al Quran secara teratur bisa membuat jiwa bersih. Ini bisa disamakan dengan bunga yang harum. Tentu saja fitur ini berlaku untuk semua surat dalam Al Quran, termasuk Surat Yasin.

Dari sahabat Abu Musa Al-Asy'ari radhiallahu anhu bersabda, bahwa Nabi Shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Analogi seorang mukmin yang rajin membaca Al Quran adalah seperti buah al-atrujah yang harum dan rasanya enak. Perumpamaan orang mukmin yang tidak membaca Al Quran seperti Kurma tidak beraroma tapi berasa manis. "

Memberi penerangan pada Hari Penghakiman

Dari Abu Hurairah ra bersabda bahwa Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa mendengar ayat dari kitab Allah Ta'ala (Al Quran) dituliskan untuknya kebaikan ganda. Barangsiapa membacanya juga, baginya cahaya pada Hari Penghakiman. "

Itulah manfaat membaca Surat Yasin setiap hari termasuk manfaat baca Yasin 3 kali untuk hajat. Usahakan membacanya pada waktu yang tepat membaca Surat Yasin sehingga Allah akan memberikan keajaibannya kepada kita akibat sering membaca Surat Yasin.



BACA JUGA : 4 Rekomendasi Buku Yasin


Back To Top