Surat Yasin Surah Ke Berapa

Kalau ada yang nanya, Surat Yasin surat ke berapa ? Maka jawabannya adalah Surah Yasin adalah surat yang ke 36 dalam Alquran. Surat ini terdiri dari 83 ayat, dan termasuk dalam surat-surat Makkiyah.

Dinamakan Ya Sin karena surah ini diawali dengan dua huruf Arab Ya Sin. Sebagaimana makna terselubung huruf alif lam mim atau nun terletak di awal beberapa ayat al-Qur'an, demikian pula makna Ya Sin yang termasuk dalam kategori ayat mutasyaabihat.

Surah Yasin ini berada di juz 22 dan 23. Jadi, surah ini terbagi dalam dua juz yang berbeda. Ayat 1 sampai 21 ada di juz 22, kemudian ayat 22 sampai ayat 83 berada di juz 23.

Surat Yasin Surah Ke Berapa

Dalam al-Qur'an hal tersebut merupakan hal yang wajar, karena pembagian juz ditentukan oleh panjang ayatnya, bukan oleh hurufnya. Oleh karena itu ada juz yang berisi beberapa huruf, ada juga surat yang memuat beberapa juz, seperti surat al-Baqarah yang dibagi 3 juz karena panjangnya surat. Atau juz ke 30 yang berisi puluhan surat karena surat yang ada di juz ini pendek-pendek.

Surah Yasin diturunkan atau diturunkan oleh Allah SWT (melalui malaikat Jibril) kepada Nabi Muhammad SAW ketika masih tinggal di Mekah, artinya sebelum pindah ke kota Madinah. Jadi surat ini termasuk dalam klasifikasi surat makkiyah.

Surat Yasin memiliki jumlah ayat 83 yang diawali dengan ayat mutasyabihat yang berbunyi "ya sin" yang merupakan nama surat ini. Surah Yasin memiliki jumlah 5 ruku. Tidak terlalu banyak karena Surahnya tidak terlalu panjang, hanya 83 ayat.

Demikian info seputar surat yasin. Semoga bermanfaat. (Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Surah_Yasin)



BACA JUGA : 4 Rekomendasi Buku Yasin


Tag : surat yasin
Back To Top