Doa Sebelum Baca Yasin untuk Almarhum

Membaca Surat Yasin untuk mendoakan almarhum merupakan tradisi mulia yang telah lama dilestarikan dalam umat Islam. Di balik lantunan ayat suci, terpancar doa dan rasa cinta yang mendalam dari keluarga dan kerabat untuk mengantarkan pahala bagi arwah yang telah tiada.

Sebelum memulai pembacaan Surat Yasin, ada baiknya diawali dengan memanjatkan doa untuk memohon rahmat dan ampunan Allah SWT. Berikut ini adalah bacaan doa sebelum baca Yasin untuk almarhum:

Niat Membaca Doa

اَللَّهُمَّ يَا رَحْمَانَ يَا رَحِيمَ، أَنْزِلِ الرَّحْمَةَ وَالْمَغْفِرَةَ عَلَى عَبْدِكَ (nama almarhum)

Artinya: "Ya Allah, ya Rahman, ya Rahim, turunkanlah rahmat dan ampunan-Mu kepada hamba-Mu (nama almarhum)."

Bacaan Doa

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَأَعْلِهِ دَرَجَاتٍ فِي الْجَنَّةِ، وَاسْتُرْ عَيْبَهُ وَأَكْرِمْ وُقُوفَهُ بِالْمَلَكَةِ وَالنُّورِ وَالرَّحْمَةِ، وَأَدْخِلْهُ فِي جَنَّتِكَ مِنْ أَوْسَعِ أَبْوَابِهَا، وَاجْعَلْهُ مِنَ الصَّالِحِينَ وَالْمُقَرَّبِينَ لَدَيْكَ، وَابْعِدْهُ عَنْ النَّارِ وَعَذَابِهَا، وَاحْشُرْهُ مَعَ الصَّادِقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ، وَلاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَهُ وَلاَ تُضَيِّعْهُ، وَلاَ تُؤْذِنَا بِفَقْدِهِ، وَاسْتُرْ عَلَيْنَا وَعَلَيْهِ بِالسَّتْرِ الْجَمِيلِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dia dan rahmatilah dia, dan tinggikanlah derajatnya di surga, dan tutupilah aibnya, dan muliakanlah dia ketika menghadap kepada para malaikat, dengan cahaya dan rahmat, dan masukkanlah dia ke dalam surga-Mu melalui pintu-pintu yang paling luas, dan jadikanlah dia dari orang-orang yang saleh dan yang dekat dengan-Mu, dan jauhkanlah dia dari neraka dan siksaannya, dan bangkitkanlah dia bersama orang-orang yang benar dan para syuhada dan orang-orang yang saleh, dan janganlah Engkau haramkan kami dari pahalanya dan janganlah sia-siakan pahalanya, dan janganlah Engkau repotkan kami dengan kehilangannya, dan tutupilah kami dan dia dengan penutup yang indah. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam."

Penutup

Membaca doa sebelum baca Yasin untuk almarhum merupakan wujud nyata kasih sayang dan kepedulian kita terhadap mereka yang telah tiada. Semoga bacaan doa ini dapat mengantarkan pahala dan menjadi penghibur bagi keluarga yang ditinggalkan.

Catatan:

  • Anda dapat menambahkan nama almarhum di bagian yang terdapat dalam tanda kurung.
  • Doa ini dapat dibaca dalam bahasa Arab atau bahasa Indonesia sesuai dengan kemampuan Anda.
  • Dianjurkan untuk membaca doa dengan penuh keyakinan dan keikhlasan agar doa tersebut terkabul.


BACA JUGA : 4 Rekomendasi Buku Yasin


Tag : Baca Yasin
Back To Top