Yasin Ayat 51

Lafadz dan terjemahan dari Yasin ayat 51 adalah :

وَنُفِخَ فِى ٱلصُّورِ فَإِذَا هُم مِّنَ ٱلْأَجْدَاثِ إِلَىٰ رَبِّهِمْ يَنسِلُونَ 

“Dan ditiuplah sangkakala (yang kedua), maka serta mereka mereka (bangkit) dari kubur-kubur mereka (yakni di alam Barzakh), bergegas menuju Tuhan Pemelihara mereka.

Q.S Surat Yasin ayat 51 latin
WA NUFIKHA FISHSHUURI FA IDŻAĀ HUM MINAL-AJDĀTSI ILĀA RABBIHIM YANSILUUN

Maksudnya adalah sasangkala ditiup untuk yang kedua kalinya, kemudian roh mereka dikembalikan ke tubuh mereka, dan mereka keluar dari kuburan mereka dengan cepat menuju tuhan mereka.

Tafsir Al-Muyassar / Departemen Agama Arab Saudi 
Kemudian tiupan sangkakala kedua ditiup untuk Kebangkitan, mereka semua keluar dari kubur menuju Rabb mereka dengan tergesa-gesa untuk menghadap hisab dan menerima balasan.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh

وَنُفِخَ فِى الصُّورِ (Dan sasangkala ditiup). Ini adalah tiupan yang membangkitkan mereka dari kubur.

فَإِذَا هُم مِّنَ الْأَجْدَاثِ (lalu tiba-tiba mereka keluar langsung dari kuburan mereka) Yaitu dari kuburan mereka.

إِلَىٰ رَبِّهِمْ يَنسِلُونَ (menuju Tuhan mereka) Yaitu berjalan cepat menuju Tuhan mereka.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar
Dan sangkakala ditiup pada tiupan kedua untuk kebangkitan yang mana interval antara dua ledakan adalah 40 tahun. Maka segera makhluk tersebut keluar dari kubur mereka untuk diperhitungkan di hadapan Tuhan.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili
Jadi jika sangkakala kedua telah ditiup, maka itu adalah tiupan kebangkitan. Mereka akan keluar dari kubur mereka dan cepat tiba di hadapan Tuhan mereka.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syekh Muhammad bin Shalih ash-Shaykh 
Tiupan ini adalah tiupan ke dua dari sasangkala, di mana dengan pukultiupan ini muncul orang-orang yang berada di dalam kubur. Jarak antara ledakan pertama dan ledakan kedua adalah 40 tahun, sebagaimana disebutkan dalam hadits. Namun Allah palinglebih tahu, apakah 40 tahun, 40 bulan atau 40 hari.

Hidaayatul Insaan bi Tafsiiril Quraan
Semua makhluk hidup binasa dengan tiupan sangkakala pertama, maka sangkakala kedua ditiup untuk membangkitkan mereka dari kematian. Lalu segera mereka keluar dari kubur dalam keadaan hidup dan berjalan menuju tuhannya untuk diperhitungkan dan menerima hukuman.

Tafsir Jalalain
(Dan sangkakala ditiup), yaitu tiupan kedua untuk membangkitkan makhluk hidup kembali; jarak antara dua tiupan pertama dengan tiupan kedua adalah selama empat puluh tahun (kemudian tiba-tiba mereka) orang-orang yang telah dimakamkan (dari kuburan mereka) dari tempat mereka dikuburkan (segera menuju ke Rabb mereka) mereka keluar dengan cepat kemudian menuju-Nya.

Ibn Jarir Tabari
Ibn Jarir al-Tabari, mengutip riwayat Ubay bin Ka'ab, dari Qatadah, serta dari Abdullah bin Abbas, mengatakan bahwa ayat di atas terkait dengan kebangkitan manusia dari kuburan. Kata al-ajdats dalam ayat 51, menurut al-Tabari mengutip narasi ini, berarti kuburan dalam bentuk jamak.

Tafsir Quraish Shihab


Imam Qushayri
Bagi Imam al-Qushayri, ayat di atas adalah deskripsi orang-orang yang tidak mengenal Tuhannya. Orang-orang yang tidak mengenal Allah, mereka akan mati dalam keadaan kebodohan (jahl), tidak tahu apa-apa, dan bahkan ketika dibangkitkan mereka bangkit dalam keadaan tidak tahu apa-apa. Hari Kebangkitan adalah saat ketika semua manusia sangat terkejut. (Sumber : Tafsir Web, Islami, Islamedia)


BACA JUGA : 4 Rekomendasi Buku Yasin


Tag : yasin ayat 51
Back To Top