Keutamaan Membaca Surat Yasin

Keutamaan Membaca Surat Yasin - Surah Yasin adalah surat ke-36 dalam Alquran dan terdiri dari 83 ayat. Surat ini diturunkan di kota Mekah, disebut sebagai surat Makkiyah. Isi Surat Yasin cukup luas, mencakup pokok-pokok iman, tanda-tanda kekuasaan Allah Ta'ala, peringatan kematian, hari terakhir, serta kisah perjuangan para mujahid dan dai.

Biasanya surat Yasin sering dibaca oleh orang Indonesia, terutama pada Kamis malam. Selain itu, surat Yasin juga dibaca selama tahlilan jika seseorang meninggal.

Sama seperti beberapa keutamaan dan keistimewaan surat Al- Quran lainnya, berikut ini beberapa keistimewaan dan keutamaan membaca Surat Yasin menurut Islam:

Agar narapida cepat bebas
Buat napi yang sudah menyesali apa yang dilakukannya dan meminta keridhoan dari Allah agar dihapuskan dosa dosanya yang telah lalu serta  menjalankan sholat 5 waktu dapat membaca Surat Yasin dan memohon pertolongan Allah SWT dengan sabar dan ikhlas agar dirinya bisa segera dibebaskan, percayalah Allah SWT akan menolongmu.

Agar terhindar dari siksa kubur
Mayat akan terhindar dari siksaan kubur ketika dibacakan Surat Yasin ke makam seseorang dengan cara pembacaan yang tenang, tulus dan juga berdoa agar mayat itu diampuni dari segala dosa dan kesalahannya selagi masih hidup.

Agar apa yang kita raih berhasil
Untuk selalu sukses dalam pekerjaan yang diinginkan dapat dilakukan dengan membaca Surat Yasin di rumah 25 kali, termasuk keinginan untuk dapat bekerja sama di bidang bisnis besar dengan orang-orang yang memiliki kekuatan atau orang yang bekerja pada skala internasional.

Sesuai dengan hadits yang menyatakan bahwa:

“Siapa pun yang membaca Surat Yasin di pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya diakhir suatu hari  maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.” 
(Sunaan Daarimi juz 2 halaman 549)”

Diampuni dosa 
Fadhilah Surat Yasin ini dijelaskan dalam hadist riwayat Thabrani, dimana disebutkan bahwa seseorang yang membaca surat yasin di malam hari, maka keesokan paginya dosa-dosa orang tersebut akan diampuni.

“Barang siapa yang membaca Yasin pada malam hari sambil mengharap keridoan Allah, maka diampuni dosa-dosanya.”
(HR. Thabrani dan Al-Bayhaqi dari Abu Hurairah ra).

Dianggap mati syahid
Dalam riwayat Thabrani juga dijelaskan bahwa seseorang yang rutin membaca Surat Yasin setiap malam, maka ia akan dipermudah ajalnya. Dan ia meninggal dalam keadaan syahid.

“Barang siapa yang membiasakan membaca yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.” 
(HR. Thobroni, dari pernyataan Anas bin malik).

Dianggap sebagai keluarga oleh Allah Ta’ala
Dengan rutin membaca Al-Quran, termasuk juga Surat Yasin, maka punya kelebihan yang luar biasa. Salah satunya akan dianggap keluarga oleh Allah Ta’ala. Sebagaimana pemaparan dalam hadist shahih:

”Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga dari kalangan manusia.’ Beliau saw ditanya,’Siapa mereka wahai Rasulullah.’ Beliau saw menjawab,’mereka adalah Ahlul Qur’an, mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang khusus-Nya.” 
(HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Jiwa akan bersih
Membaca Alquran secara teratur dapat membuat jiwa kita bersih. Ini bisa disamakan dengan bunga beraroma wangi. Tentu saja hak istimewa ini berlaku untuk semua surat dalam Alquran, termasuk Yasin.

Dari sahabat Abu Musa Al-Ash'ari radhiallahu ‘anhu berkata, bahwa Nabi Shallallahu‘ alayhi wasallam berkata:

“Perumpaan seorang mu`min yang rajin membaca Al-Qur`an adalah seperti buah Al-Atrujah yang aromanya wangi dan rasanya enak. Perumpamaan seorang mu`min yang tidak membaca Al-Qur`an adalah seperti buah tamr (kurma)  tidak ada aromanya namun rasanya manis.
Perumpamaan seorang munafiq namun ia rajin membaca Al-Qur`an adalah seperti buah Raihanah yang aromanya wangi namun rasanya pahit. Sedangkan perumpaan seorang munafiq yang tidak rajin membaca Al-Qur`an adalah seperti buah Hanzhalah yang tidak memiliki aroma dan rasanya pun pahit.” 
(Al-Bukhari dan Muslim).

Mempermudah segala urusan
Dengan membaca Surat Yasin, pula dipercaya bisa meringankan segala macam problem hidup, misalnya masalah hutang piutang, pertikaian, dan sebagainya.

“Barang siapa yang membaca surat yasin dari pagi hai, maka pekerjaan dihari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya diakhir suatu hari  maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.” 
(Sunaan Daarimi juz 2 halaman 549).

Mendapatkan ketenangan hati
Membaca Al Quran sama halnya dengan berdizikir. Dan seseorang yang banyak membaca dzikir maka hatinya akan tenang. Itulah prioritas orang yang rajin membaca Surat Yasin atau surat lainnya

Allah Ta’ala berfirman:

“Orang orang yang beriman hati mereka akan tenteram dengan mengingat allah SWT . ingatlah hanya dengan mengingatnya maka hati menjadi tenteram.”
(QS. Ar-ra’du :28).

Mempermudah sakaratul maut
Membaca Surat Yasin juga diyakini membantu membuat kematian lebih mudah. Bacalah surat Yasin di sebelah seseorang yang menghadapi kematian. (Al - Majmu'Syarah Al muhadzdzab 5/76).

Tingkatkan iman
Ketika kita membaca Surah Yasin dengan memahami maknanya, kita akan memahami betapa agungnya keagungan Allah. Betapa mengerikan kematian, dan bagaimana perjuangan para pendakwah di masa lalu demi mempertahankan Islam. Tentu ini bisa membuat iman kita bertambah.

Membantu pengampunan agar diterima Allah Ta’ala

“Barang siapa yang membaca Surat Yasin untuk memohon ridho Allah, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu.” 
(Al-baihaqy dalam Sya'bul iman).

Memperoleh pahala berlipat ganda
Dalam riwayat At-Tirmidzi dan Ad-Darimi, mereka menjelaskan bahwa Nabi Shallallahu ‘alayhi wa sallam menjelaskan bahwa Surah Yasin adalah jantung dari Alquran. Dan siapa pun yang membaca Alquran akan diberi ganjaran sama dengan membaca Alquran 10 kali.

Keutamaan Membaca Surat Yasin


Dapatkan kemuliaan
Pada dasarnya setiap huruf dalam Alquran itu adalah kebaikan. Dengan membaca Alquran secara teratur, termasuk Surat Yasin, kita akan dimuliakan oleh Allah Ta'ala. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits:

“Siapa yang membaca Al-Qur’an dan beramal dengan isi kandungannya, dianugerahkan kedua ibu bapaknya mahkota di hari kiamat. Cahayanya (mahkota) lebih baik dari cahaya matahari di rumah-rumah dunia. Kalaulah demikian itu matahari berada di rumahmu (dipenuhi dengan sinarnya), maka apa sangkaan kamu terhadap yang beramal dengan ini (al-Qur’an).” 
(HR. Abu Daud).

Memberi cahaya di kegelapan


“Aku wasiatkan kepada kalian agar bertakwa kepada Allah dan Al Qur’an sesungguhnya ia adalah cahaya kegelapan, petunjuk di siang hari maka bacalah dengan sungguh-sungguh.” 
(HR. Baihaqi).

Memperoleh pahala seperti orang bersedekah


“Orang yang membaca Al-Qur’an terang-terangan seperti orang yang bersedekah terang-terangan, orang yang membaca Al-Qur’an secara tersembunyi seperti orang yang bersedekah secara sembunyi.” 
(HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasa’i).

Memperoleh cahaya di Hari Kiamat
Dari Abu Hurairah ra berkata:

“Bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda: “Siapa yang medengar satu ayat daripada Kitab Allah Ta’ala (al-Qur’an) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahanya di hari kiamat.”

Mempermudah keluarnya ruh pada orang yang akan wafat
Jika dibacakan kepada orang-orang yang akan mati maka nyawa mereka masih tidak akan dicabut sampai kedatangan malaikat Ridwan untuk membawa kedamaian sebelum kematian. Surat ajaib Yasin ini juga dapat memudahkan seseorang untuk mati dengan cepat, tulus dan tidak mengalami masalah.

Sembuhkan penyakit hati
Dapat memudar dan menyembuhkan penyakit hati termasuk kecemburuan, kebencian, menggosipkan keburukan orang lain, membisikkan bisikan tentang keburukan orang lain, menyebarkan fitnah dan lainnya sehingga kehidupan seseorang selalu di jalan yang benar.

Sesuai dengan firman Tuhan yang diperuntukkan bagi orang yang ingin selalu berada di jalan kebenaran

“Apabila hamba hambaku bertanya tentang aku  maka jawablah mereka dekat denganku. Aku mengabulkan permohonann apabila ia memohon kepadaku. maka hendaklah mereka memenuhi (segala perintahku) dan hendaknya mereka beriman kepadaku agar mereka selalu hidup dalam jalan kebenaran.”
( QS. Al- baqarah :186)”

Memudahkan hajat dipermudah jodoh
Membaca Surat Yasin setelah selesai sholat 5 kali maka permintaan untuk mendapatkan jodoh atau pasangan yang baik dipermudah oleh Allah SWT dan penuh berkah pada akhirnya.

Lindungi dari kejahatan
Membaca Surat Yasin setiap hari bisa menolak kejahatan yang akan terjadi, misalnya akan ada perampokan, perampokan, atau penipuan. Allah akan melindungi Anda dari kejahatan ini dengan cara yang tidak kami ketahui.

Menenangkan hati dari kecemasan
Membaca Surat Yasin adalah cara agar hati tenang. menenangkan jiwa dan menghilangkan kecemasan dan rasa takut akan sesuatu yang tidak terlihat atau dapat menghilangkan rasa takut akan kekejaman para penguasa zolimal.

Pemberi syafa'at di akhirat
Dari para sahabat Abu Umamah Al-Bahili radhiallahu ‘anhu, saya mendengar Nabi Shallallahu‘ alayhi wasallam berkata:


“Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” 
(HR. Muslim).

Segala hajat dikabulkan
Jika ada keinginan yang diinginkan maka dengan membaca Surah Yasin diyakini bahwa urusannya akan dikabulkan oleh Allah Ta'ala. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits:

“Barang siapa yang membaca Surat Yasin sepenuhnya dan saat mencapai pada ayat 58 Surat Yasin tersebut diulang sebanyak 7 kali maka Allah SWT akan mempermudah dan mengabulkan hajatnya.”

Surah Yasin adalah jantungnya Al-Qur’an
Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Nabi bersabda,

إِنَّ لِكُلِّ شَىْءٍ قَلْبًا وَقَلْبُ الْقُرْآنِ يس َمَنْ قَرَأَ يس كَتَبَ اللَّهُ لَهُ بِقِرَاءَتِهَا قِرَاءَةَ الْقُرْآنِ عَشْرَ مَرَّاتٍ

“Segala sesuatu memiliki jantung. Jantungnya Al-Qur’an adalah surah Yasin. Siapa yang membaca surah Yasin, maka Allah akan mencatat baginya seperti membaca Al-Qur’an sepuluh kali.” 
(HR. Tirmidzi, no. 2887)

Hadits ini dinyatakan lemah Imam Tirmidzi, dan beliau berkata, “Hadits ini gharib, kami tidak mengenalnya kecuali dari hadits Humaid bin ‘Abdirrahman dan di Bashrah tidak mereka ketahui kecuali dari hadits Qatadah dari jalur ini. Harun Abu Muhammad adalah syaikh majhul (tidak dikenal).”

Imam Tirmidzi juga mengatakan bahwa hadits ini ada dari jalur Abu Bakr Ash-Shiddiq. Namun dari sisi sanad hadits ini dha’if. Juga hadits ini terdapat dari Abu Hurairah. Al-Hafizh Abu Thahir berkomentar bahwa hadits hadits ini adalah da'eef di tahta Jami 'At-Tirmidzi, no. 2887.

Hindari siksaan kubur
Siapa yang tidak takut akan siksa kubur? Hanya membayangkannya saja bisa membuat bulu kuduk merinding. Nah, fawilah Surat Yasin yang luar biasa diyakini bisa membebaskan kita dari siksaan mengerikan kubur.

Untuk kedamaian batin
Jika rajin berdzikir dan kemudian diimbangi dengan membaca Surah Yasin di pagi hari, seseorang akan mendapatkan kedamaian batin hingga sore hari tetapi jika terbiasa membacanya di sore hari maka allah akan diberikan kepada Allah kebahagiaan dan ketenangan hingga keesokan harinya.

Demikianlah lebih dari 10 keutamaan Surat Yasin dan beberapa manfaat atau akibat sering membaca Surat Yasin sebanyak 3x atau 7x atau 41 kali, baik itu dibaca setelah sholat maghrib dan sholat wajib lainnya atau sholat tahajud.

Pada dasarnya, semua surat Al-Quran itu baik. Manfaat membaca Quran dalam kehidupan bisa mempermudah segala urusan dan menjadi penolong kita di akhirat kelak.

Sumber :
https://kitchenuhmaykoosib.com/keutamaan-surat-yasin/


BACA JUGA : 4 Rekomendasi Buku Yasin


Back To Top