Cara Membaca Yasin untuk Orang Sakit

Ada adat kebiasaan dalam masyarakat muslim, jika ada yang sakit, terutama kalau sakitnya sudah agak tidak ketolongan, biasa membacakan surat Yasin. Apakah ini boleh ? Mungkin juga orang masa kini bertanya, mana dalilnya ? Segala sesuatu kan harus ada dalil jelas dari Quran dan haditsnya, kalau nggak, pasti dikatain bid'ah.

Saya disini nggak akan pakai dalil dulu, Saya hanya pakai pendapat pribadi saja. Menurut Saya, membaca Surat Yasin atau surat lainnya kepada orang yang sakit itu sah-sah saja selama niatnya adalah berdoa minta kesembuhan (tawashul) kepada Allah dengan kebaikan berupa amaliah membaca surat Yaasin atau lainnya.

Baca juga :

Pernahkah Anda membaca sebuah hadits yang meriwayatkan tentang 3 orang yang terkunci di dalam gua dan tidak ada jalan keluar. Tidak ada jalan kecuali hanya berdoa kepada Allah plus menggunakan washilah atau tawassul dengan amaliah soleh mereka. Dengan menyebutkan amaliyah mereka kepada Allah dan meminta solusi, akhirnya pintu gua terbuka dan mereka bisa keluar lagi.

Dengan qias di atas, maka menurut Saya, bolehlah kita berdoa kepada Allah minta kesembuhan orang yang sakit, namun agar doanya cepat diijabah, sebelum melakukan permintaan doa, diawalilah dengan melakukan amaliah berupa membaca Surat Yasin. Apakah harus surat Yaasin saja ? Tentu tidak, yang penting amaliah soleh, bisa baca surat lain, solawat, dzikir, sedekah, dan lainnya. Hanya saja mungkin di masyarakat kita, yang paling mudah adalah membaca Al Quran dalam hal ini jantung atau qalbunnya Al Quran yakni surat Yasin.

Cara Membaca Yasin untuk Orang Sakit

Hanya saja yang perlu diwaspadai adalah salah doa dari keluarga yang merawatnya. Sebab seringkali ada kejadian, saking sudah lamanya sakit dan capai merawat, tak sabar malah minta doa agar yang sakit segera dicabut saja nyawanya dengan alasan kasihan dengan penderitaan si sakit, padahal mungkin saja si sakit malah lebih sabar dari yang merawat.

Dengan minta doa seperti itu, itu pertanda kesabaran kita sudah tidak ada atau lebih jelasnya, itu sama saja dengan berputus dari rahmat Allah alias putus asa. Sementara Allah melarang kita berputus asa sesuai dengan dalil dalam Al Quran Surat Yusuf ayat 87.

Lalu bagaimana jika si sakit malah bertambah parah dan sepertinya sudah diambang menuju gerbang kematian atau sakaratul maut ? Maka untuk kasus ini, banyak sekali keterangan yang menjelaskan, baik itu dari hadits Nabi dan juga diperkuat oleh pendapat para ulama, bahwa memang dianjurkan untuk membacakan Yaasin kepada mereka yang akan segera meninggal atau sedang sakaratul maut.

Tujuannya apa ? Tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mempermudah keluarnya ruh, sebab saat dicabut nyawa, sekujur tubuh dari kepala sampai kaki akan terasa sakit dan disaat itu, orang diuji kesabarannya. Makanya, dianjurkan juga ketika seseorang menghadapi sakaratul maut, dibacakan di teinganya lafadz tahlil agar keimanan dan keislamannya kuat.

Tentu saja semakin cepat nyawa keluar, akan semakin bagus karena penderitaan saat itu bisa dilewati, walaupun belum tentu setelah nyawa keluar, kita bisa bebas kesana kemari tanpa kesakitan. Nabi saja yang menjadi pemimpin umat ini, saat dicabut nyawanya oleh malaikat, tetap merasa sakit. Bahkan beliau berdoa, kalau bisa semua sakit yang akan dihadapi umatnya, diberikan kepada Nabi saat itu karena saking kasihannya dan cintanya Nabi kepada umatnya. Lalu bagaimana dengan kita sebagai umatnya, dengan apa kita mengejewantahkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW ?

Selain itu, menurut beberapa riwayat, dengan cara membaca Yasin untuk orang sakit, secara nyata mungkin kita tidak bisa melihat apa-apa, tapi secara kasat mata, ketika surat Yasin dibacakan, maka malaikat akan hadir sebab dibacakan Yasin itu dan ikut menyaksikan dan mendoakan agar matinya dalam keadaan iman dan islam. Kita tahu bahwa doanya malaikat akan selalu dikabul oleh Allah, sebab malaikat adalah makhluk mulia tanpa dosa, sehingga doanya pasti didengar oleh Allah dan dikabulkan.

Itulah yang bisa Saya sampaikan seputar niat dan tata cara membacakan surat Yasin khususnya bagi orang yang sakit demi kesembuhan penyakit dan dari sakaratul maut. Baca pula artikel lainnya :
- cara membaca yasin untuk orang yang sudah meninggal
- manfaat membaca yasin untuk orang meninggal


BACA JUGA : 4 Rekomendasi Buku Yasin


Tag : membaca yasin
Back To Top