Doa Setelah Yasin untuk Orang Sakit

Doa Setelah Yasin untuk Orang Sakit - Surat Yasin merupakan salah satu surat dalam Al Quran yang terdiri dari 83 ayat. Dalam berbagai riwayat disebutkan bahwa Surat Yasin memiliki keutamaan, salah satunya adalah membantu orang sakit.

Ya, umat Islam dianjurkan untuk membacakan Surat Yasin bagi orang sakit agar cepat sembuh dari penyakitnya. Lantas, bagaimana cara membaca Surat Yasin untuk orang sakit? Simak penjelasan berikut ini.

Cara Membaca Surat Yasin

  • Pertama dianjurkan berwudhu sebelum membaca Surat Yasin,
  • Lalu menghadap kiblat, dan
  • Membaca Al-Fatihah Nabi Muhammad SAW.
  • Baca Surat Al-Fatihah
  • Tawasul Al Fatihah Kepada Para Nabi, Para Rasul, Orang-orang Shalih dan Pemimpin Wali Syekh Abdul Qadir Al Jailani
  • Mendoakan orang sakit atau meninggal (orang kubur)
  • Membaca surat Yasin

Membaca Doa Setelah Membaca Surat Yasin

A'udzu billahi minasyithonirrajiim. Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi rabbil 'alamiina hamdasy syakiriina hamdan na'imin hamdan yuwaa fini'amanu wayukaafiu maziidah, yaa rabbana lakal hamdu kamaa yanbaghii lijalaali wajhikak wa 'adhiimi sulthoonika. Subhaanaka laa nuhshii tsnaa an 'alaika anta kamaa atsnaita 'alaa nafsika falakal hamdu qabla ridhoo walakal hamdu ba'dar ridhoo walakal hamdu idzaa radhaita 'annan daaiman abadan.

Arti:

“Aku berlindung kepada Allah dari setan yang dilempar. Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam sebagai pujian bagi orang-orang yang bersyukur, pujian dari mereka yang menerima nikmat sama pujian, pujian yang cukup untuk nikmat-Nya, dan pujian yang memungkinkan untuk menambahkan lebih banyak.Ya Tuhan kami, hanya untuk Anda semua pujian sebagai pujian karena kemuliaan dan keagungan kekuasaan Anda. "

Demikian tata cara membaca surat yasin, dianjurkan membaca surat yasin pada hari jumat atau hari lainnya. Adapun anjuran membaca surat Yasin pada hari Jum'at disebutkan dalam hadits berikut:

“Barangsiapa yang membaca Surat Yasin dan Al-Shaffat pada malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud).

Keutamaan membaca Surat Yasin

Disebutkan di atas bahwa salah satu keutamaan Surat Yasin adalah membantu menyembuhkan orang sakit. Namun selain itu, ada juga prioritas lainnya.

Adapun beberapa keutamaan membaca Surat Yasin lainnya yaitu meningkatkan keimanan kepada Allah SWT seperti dalam hadits Rasulullah berikut ini:

“Surat Yasin adalah jantungnya Al-Qur’an. Dan barang siapa yang membaca Yasin akan mendapat pahala yang sama dengan membaca Al-Qur’an sebanyak 10 kali,” (HR At-Tirmidzi dan Ad-Darimi)

Prioritas lain adalah membuat kematiannya lebih mudah. Dan ketika dia meninggal, orang itu akan mati sebagai syahid. Hal ini termaktub dalam hadits Nabi SAW yang berbunyi sebagai berikut:

Dari Anas bin Malik, Nabi SAW bersabda: “Barangsiapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam tanpa disangka-sangka akan menemui ajalnya, maka ia akan mati syahid,” (HR At-Thobroni).

Selain itu, keutamaan membaca Yasin juga agar dosa seseorang diampuni. Hal ini tertuang dalam hadits Nabi SAW yang berbunyi sebagai berikut:

Dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW bersabda: “Barangsiapa membaca surat Yasin di malam hari dengan mengharap ridha Allah, maka diampuni dosa-dosanya,” (HR At Thabrani dan Al-Bayhaqi).

Demikianlah ulasan surat yasin untuk orang sakit lengkap dengan keutamaannya dan cara membacanya. Semoga bermanfaat!

Sumber : https://www.suara.com/news/2023/05/08/080000/surat-yasin-untuk-orang-sakit-keutamaan-dan-cara-membacanya



BACA JUGA : 4 Rekomendasi Buku Yasin


Tag : Setelah Yasin
Back To Top