Keutamaan Surat Yasin Menurut Hadits Shahih

Halo teman-teman! Kali ini kita akan membahas tentang keutamaan Surat Yasin menurut hadits shahih. Surat Yasin adalah salah satu surat dalam Al-Quran yang memiliki banyak keistimewaan dan keutamaan. Yuk, kita simak bersama-sama!

Pertama-tama, mari kita pahami apa itu hadits shahih. Hadits shahih adalah hadits yang memiliki sanad atau rantai periwayatan yang kuat dan jelas, serta tidak ada cacat dalam matannya. Dalam hal ini, kita akan merujuk pada hadits-hadits yang menjelaskan keutamaan Surat Yasin.

Salah satu hadits yang menceritakan tentang keutamaan Surat Yasin adalah hadits riwayat Tirmidzi. Dalam hadits ini, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa membaca Surat Yasin pada malam Jumat, maka diampuni dosanya." Wow, sungguh luar biasa bukan?

Selain itu, terdapat juga hadits riwayat Ahmad dan Abu Dawud yang menjelaskan bahwa Surat Yasin memiliki banyak manfaat. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa membaca Surat Yasin pada malam Jumat, dia akan diberi cahaya seperti cahaya dari timur hingga barat."

Tidak hanya itu, Surat Yasin juga memiliki keutamaan lainnya. Dalam hadits riwayat Ibnu Hibban, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa membaca Surat Yasin pada malam Jumat, maka Allah akan menuliskan baginya pahala membaca Al-Quran sepuluh kali lipat dari apa yang biasa dia baca." Subhanallah, betapa besar pahala yang Allah janjikan kepada kita.

Selain itu, Surat Yasin juga memiliki keistimewaan dalam menghadapi sakaratul maut. Dalam hadits riwayat Ibnu Majah, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa membaca Surat Yasin di sisi orang yang sakaratul maut, maka Allah akan menghilangkan rasa sakit yang dirasakan oleh orang tersebut." Masya Allah, betapa indahnya surat ini.

Selain keutamaan-keutamaan tersebut, Surat Yasin juga memiliki manfaat lainnya. Salah satunya adalah sebagai penolak bala. Dalam hadits riwayat Ad-Darimi, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa membaca Surat Yasin di dekat orang yang sedang dalam kesulitan atau di tengah-tengah musibah, maka Allah akan menghilangkan kesulitan dan musibah tersebut."


Gambar dari kalam.sindonews/com

Tidak hanya itu, Surat Yasin juga memiliki keistimewaan dalam hal pembebasan dari siksa kubur. Dalam hadits riwayat Abu Nuaim, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa membaca Surat Yasin ketika mati, maka Allah akan memudahkan jalan keluar dari siksa kubur baginya." Subhanallah, betapa besar keistimewaan yang dimiliki oleh Surat Yasin.

Selain itu, Surat Yasin juga memiliki manfaat dalam mendapatkan syafaat di hari kiamat. Dalam hadits riwayat Al-Hakim, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa membaca Surat Yasin pada malam Jumat, maka dia akan mendapatkan syafaat dari Allah di hari kiamat." Sungguh luar biasa, bukan?

Tentu saja, keutamaan Surat Yasin ini tidak hanya berlaku jika kita membacanya pada malam Jumat. Kita dapat membacanya kapan saja dan di mana saja. Namun, jika kita membacanya pada malam Jumat, keutamaan dan pahala yang kita dapatkan akan lebih besar.

Nah, itulah beberapa keutamaan Surat Yasin menurut hadits shahih. Surat ini memang sangat istimewa dan memiliki banyak manfaat bagi kita sebagai umat Muslim. Mari kita jadikan Surat Yasin sebagai bacaan rutin kita setiap hari, agar kita dapat merasakan berbagai keberkahan dan keutamaannya.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita tentang keutamaan Surat Yasin. Jangan lupa untuk terus membaca dan mempelajari Al-Quran, karena di dalamnya terdapat banyak petunjuk dan hikmah yang bisa kita ambil. Terima kasih telah membaca, salam hangat!



BACA JUGA : 4 Rekomendasi Buku Yasin


Tag : keutamaan surat yasin
Back To Top