Keutamaan Surat Yasin Pada Malam Jumat


Pada masyarakat Melayu seperti Indonesia dan Malaysia, ada kebiasaan yang melekat pada malam Jum'at yaitu membaca surat Yasin. Selepas Maghrib, rumah-rumah, masjid, dan mushalla ramai dengan lantunan surat Yasin baik dengan sendiri-sendiri maupun berjamaah. Dengan demikian maka timbul dalam hati bahwa tradisi ini merupakan amal yang memang sudah disyariatkan dan mempunyai pahala besar. Bagaimana sebenarnya hukum takhsis malam Jum'at dengan membaca surat Yasin?

Ke satu, amaliah membaca Al-Qur'an disunatkan kepada seluruh umat Islam, bahkan amalan ini masuk katergori amal utama. Pahalanya sangat besar di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala. Rasa dekat seorang hamba dengan Tuhannya dapat dilihat berdasarkan sejauh mana dia dekat dengan Al-Qur'an, sebab dia adalah Kalamullah. Maka jika seseorang memperbanyak membaca Al-Qur'an maka itu baik untuknya, termasuk membaca surat Yasin, baik di malam Jum'at atau malam-malam lainnya.

Ke dua, tilawatul Qur'an merupakan amal ibadah yang bersifat mutlak, artinya amal yang tak terikat dimana dan kapan  harus dibaca. Sementara menghususkannya dengan waktu dan tempat tertentu itu membutuhkan dalil. Dan sampai saat ini belum ditemukan mana dalil yang shahih dari hadits Nabi tentang anjuran dan keutamaan dalam membaca surat Yasin khusus pada malam dan hari Jum'at. Para ulama ahli hadits menghukumi keutamaan surat Yasin antara dhaif atau maudhu'. Dengan demikian ada baiknya seseorang tidak mengspesialkan membaca Surat Yasin pada malam Jum'at dengan mempercayai bahwa itu termasuk amal khusus yang disyariatkan padanya dan memiliki keutamaan tertentu.

Namun jika yang dibaca itu adalah surat tertentu dan pada waktu-waktu tertentu dengan keyakinan adanya fadhilah tertentu pula, maka untuk melaksanakannya diperlukan adanya dalil dari Al-Quran maupun As-Sunnah yang menjelaskan pensyariatan amalan tersebut. Berkaitan dengan surat Yasin, memang ada sejumlah riwayat yang menjelaskan keutamaan surat tersebut serta keutamaan membacanya pada malam hari.

Mempertimbangkan bahwa sisipan-sisipan yang ada pada Yasin Fadlilah adalah dzikir dan doa, maka hukum mengamalkannya adalah sunah, melainkan jika diniatkan untuk memenuhi keperluannya, maka hukumnya boleh dan apa yang diinginkan insya Allah akan dikabulkan. Atau ada tujuan-tujuan yang haram (seperti riya'), maka haram.

Tiap-tiap surat dalam Al Quran yang diturunkan oleh Allah pastilah mempunyai keutamaan. Termasuk surat Yasin. Fadilah surat Yasin ini berhubungan dengan keutamaan surat Yasin untuk kehidupan manusia. Berikut adalah keutamaannya.

Surat ini menunjuk tentang keimanan seorang Muslim. Nilai keimanan seseorang bisa ditandai dengan rasa yakin akan adanya hari kebangkitan nanti sesudah hari Kiamat. Kalau kita berpegang pada hal tersebut, maka kita tidak semata-mata mementingkan masalah dunia. Setelah kehidupan dunia, masih ada alam akhirat. Amalan selama kita hidup di dunia-lah yang akan menentukan di mana tempat kita di sana. Jika baik, maka kita layak masuk surga-Nya, jika buruk maka akan tersiksa di neraka.

Surat ini menyebutkan tentang para utusan Nabi Isa yang menemui penduduk Anthakiyah. Menegaskan tentang beberapa hal, yaitu kemusyrikan, penciptaan makhluk yang berpasang-pasangan, bintang pada garis edarnya, ajal makhluk, dan hari kiamat.

Selanjutnya, bagaimana perihal tentang pembacaan surat Yasin di malam Jumat itu? Adakah manfaat surat Yasin berkenaan dengan hal itu? Jika merujuk pada hadits sahih, sebenarnya tidak ada yang menyebutkan bahwa kita harus membacanya pada malam itu secara khusus. Ya, mari kita selaraskan dengan sabda Rasulullah Saw.


“Janganlah kamu mengkhususkan malam Jumat dengan suatu shalat malam di antara malam-malam lainnya. Janganlah kamu mengkhususkan hari Jumat dengan puasa tertentu di antara hari-hari lainnya, kecuali apabila hari itu bertepatan dengan puasa salah seseorang di antaramu.”
 (H.R. Muslim)

Seperti yang telah Saya sebut di atas bahwa pembacaan surat Yasin pada malam Jum'at sudah menjadi kebiasaan yang berlaku di masyarakat. Memang betul, tidak ada yang salah dengan kebiasaan ini, karena memang membaca kalamullah ganjarannya adalah pahala. Namun ternyata berdasarkan hadits Nabi, Surat Yasin bukanlah surat utama yang dianjurkan dibaca setiap malam Jum'at, tapi Surat Al-Kahfi.

Nabi SAW bersabda: 
“Siapa yang membaca Yasin pada malam hari dengan mengharap keridloan Allah, maka diampuni dosa-dosanya” 
(HR. At Thobroni/145, 418 dan Al-Bayhaqi/2360, 2361 dari Abu Huroiroh, Ad Darimi/3478 dari Hasan, Dishohihkan oleh Ibnu Hibban/2626)

Pada hadits ini tidak disebutkan kekhususan pada malam apa harus dibaca, sehingga menjadi kebebasan bagi kita mau pada malam apa saja kita membaca surat Yasin. Maka terkadang kita dapati di daerah A biasa membaca surat Yasin di malam Selasa, di daerah B malam Kamis dan di daerah C malam Jum’at. Sebab memang tidak ada ketetapan secara spesial dari Rasulullah SAW.

Namun ada para pendapat ulama yang menganjurkan membaca surah Yasin pada malam Jum’at, maka ini mengandung makna agar manusia senantiasa ingat tentang kesuksesan dan kebahagian orang yang ruhaninya sempurna dan sangat celaka serta menderitanya orang yang durhaka kepada Allah dan rasul-Nya.

Di samping itu agar ia senantiasa siap menyambut kebangkitan Imam Mahdi as. yang menjadi imam umat Islam seluruh dunia pada akhir zaman untuk menyelamatkan umat dari berbagai siksa, bencana dan berbagai fitnah, khususnya fitnah Al-Masihid-Dajjal. Surat Yasin dan hari Jum’at memiliki hubungan yang sangat erat sehingga Rasulullah SAW mengajarkan secara istimewa kepada Hadhrat Ali bin Abi Thalib ra. supaya bangun sepĂ©rtiga malam di malam Jum’at  untuk shalat dan membaca surah Yasin.

Itulah beberapa manfaat dan keutamaan Surat Yasin yang sangat luar biasa. Dengan kita mengatahui, maka jangan sungkan-sungkan lagi untuk selalu membacan dan/atau mengamalkan Surat Yasin secara rutin setiap malam, atau minimal setiap malam jum'at. 

Artikel lain yang sering dibaca :
- Keutamaan membaca surat yasin setiap hari
- Keutamaan membaca surat yasin pada malam jumat
- Baca surat yasin untuk orang meninggal
- Kelebihan membaca surah yasin pada malam jumat
- Manfaat membaca surat yasin 3x

>


BACA JUGA : 4 Rekomendasi Buku Yasin


Tag : keutamaan surat yasin
Back To Top