Membaca Surat Yasin Pada Malam Jumat

Membaca Surat Yasin pada malam Jumat merupakan amalan rutin yang biasa dilakukan di masayarakat kita. Awalnya tidak yang kontra dalam melakukan amalan ini, namun zaman milenial ini ada sebagian golongan yang membid’ahkan amalan tersebut dengan alasan tidak ada contohnya dari Rasul dan mengistimewakan Surat Yasin.

Padahal ulama dahulu tentunya punya alasan kenapa Yasin selalu dibaca di malam Jumat. Setiap orang punya ghirah yang berbeda dalam membaca Al Quran, ada yang semangat membaca Al Quran tiap hari, ada yang seminggu 2 atau 3 kali, ada yang seminggu sekali, ada yang sebulan sekali, bahkan ada yang baca Al Quran ketika ada acara tahlilan saja atau syukuran saja atau mungkin ada juga yang baca Al Quran setahun sekali.

Melihat kondisi ini, tentu para ulama berfikir bagaimana caranya supaya Al Quran ini dibaca ya minimal seminggu sekali, khususnya buat mereka yang begitu malas. Maka diambillah malam Jumat, karena merupakan hari yang spesial yakni sayyidnya hari.

Bisa saja hari Jumat, tapi umumnya masyarakat siang punya kegiatan, ada yang bekerja, sekolah, ngurus rumah dan lainnya. Maka diambil waktu yang umumnya masayarakat lagi beristirahat yakni malam hari sesudah maghrib, sebab jika sesudah isya umumnya masyarakat lebih condong untuk istirahat atau tidur.

Lalu kenapa harus Yasin ? Tentu saja para ulama bisa memilih surat lain, seperti Al Baqarah, Al Kahfi, Al Waqi’ah  dan lainnya. Ulama memilih Yasin karena memang surat tersebut adalah intinya atau jantungnya atau hatinya Al Quran.

Disamping itu, dengan fokus mendawamkan satu surat, diharapkan Yasin bisa dilafalkan tanpa harus melihat Al Quran alias dibaca. Faktanya, Saya sendiri terbiasa membaca Yasin tiap malam Jumat dari sejak kecil, saat ini jika ada acara tahlilan atau yasinan malam Jumat, tidak harus sambil memegang Al Quran karena sudah hafal.

Menurut Saya daripada membid’ahkan Yasin malam Jumat, yang malah melemahkan masyarakat untuk membaca Al Quran, lebih bijak lagi jika mereka mengatakan begini : “Sebaiknya selain hari Jumat, diisi juga dengan membaca surat lain seperti halnya membaca Yasin pada malam Jumat”.

Misalnya malam Sabtu baca Al Baqarah, malam Minggu baca Ali Imron, malam  Senin baca An Nisa, malam Selasa baca Al An’am dan seterusnya. Atau satu malam satu juz atau setengah juz. Maka cara edukasi ini akan lebih bagus dan menyemangati orang, daripada harus membid’ahkan, sebab yang namanya baca Al Quran kapan pun adalah ibadah bukan bid’ah.

Membaca Surat Yasin Pada Malam Jumat

(Gambar : bincangsyariah.com)


Hukum Membaca Surat Yasin Pada Malam Jum'at

Keutamaan membaca Surah Yasin sendiri ditegaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud sebagai berikut: “Siapapun yang membaca Surah Yasin dan al-Shaffat pada Jumat malam, Allah mengabulkan permintaannya”. (HR Abu Daud dari al-Habr)

Al-Manawi menegaskan bahwa hadits ini tergolong hadits yang terputus. Pernyataan al-Manawi dalam bukunya yang fenomenal, Faydl al-Qadir mengatakan bahwa anggapan ini tidak benar. Bahkan ada beberapa hadits tentang anjuran membaca surat selain al-Kahfi di malam Jumat.

Diantaranya adalah hadits yang diriwayatkan oleh al-Taimi dalam kitab al-Targhib, siapapun yang membaca surat al-Baqarah dan Ali Imran pada malam Jum'at, dia mendapat pahala sebesar sesuatu antara bumi ketujuh dan langit ketujuh. Ini adalah hadits yang aneh dan sangat lemah.

Dan hadits Imam Abu Daud dari al-Habr, siapapun yang membaca Surat Yasin pada malam Jum'at, Allah mengabulkan permintaannya, dalam hadits ini ada sanad yang rusak. (Abdul Ra'uf al-Manawi, Faydl al-Qadir, ch. 6, hal. 258)

Sanad hadits tentang keutamaan membaca Surah Yasin ini tergolong lemah, namun tetap dianjurkan dan dapat dipraktekkan dalam isinya. Seperti yang ditegaskan oleh para ulama bahwa hadits lemah dapat dipraktekkan untuk hal-hal yang berkaitan dengan keutamaan beramal asalkan tidak diklasifikasikan sebagai hadits maudlu '(palsu). Demikian menurut Syekh Ibn Hajar al-Haitami dalam al-Fatâwâ al-Kubrâ al-Fiqhiyyah.

Ada juga yang mempertanyakan tentang surat yang dibaca pada malam Jumat, apakah malam Jumat baca Yasin atau Al Kahfi. Maka menurut Saya, keduanya sebaiknya dibaca. Misalnya kalau malamnya Yasin, siangnya Al Kahfi, sehingga kedua pendapat bisa diaplikasikan dalam praktek dan terbawa keduanya.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hukum membaca Yasin malam Jumat adalah mubah artinya boleh. Namun dianjurkan bagi setiap umat Islam untuk selalu membaca Al Quran tiap hari. Masalah cara praktiknya, setiap orang punya cara dan tidak harus sama, misalnya mau sehari 10 ayat, 100 ayat, satu juz dan lainnya, tergantung kemampuan, yang penting membaca tiap hari.

Demikianlah tentang bacaan yasinan malam Jumat. Untuk tata cara baca Yasin malam Jumat, doa sebelum baca Yasin malam Jumat, membaca Yasin malam Jumat untuk orang meninggal dan keutamaan membaca surat Yasin pada malam hari akan ditulis pada artikel lainnya.



BACA JUGA : 4 Rekomendasi Buku Yasin


Back To Top