Surat Yasin Ayat 82 Beserta Artinya

Surat Yasin, yang juga dikenal sebagai "Jantung Al-Quran," adalah salah satu surat dalam Al-Quran yang memiliki makna mendalam dan pesan-pesan penting tentang kehidupan, akhirat, dan keimanan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi Surat Yasin Ayat 82 beserta artinya, serta mencermati pesan kehidupan yang terkandung di dalamnya.

Isi kandungan surat Yasin ayat 82 menjelaskan bahwa Allah bersifat Iradat artinya Maha Berkehendak.Pada surat Yasin ayat 82 juga menjelaskan bahwa Allah memiliki Asmaul Husna yaitu Al Khaaliq artinya Yang Maha Menciptakan.

Berikut ini adalah bacaan surat Yasin ayat 82 lengkap dengan tulisan arab latin dan artinya.

اِنَّمَآ اَمْرُهٗٓ اِذَآ اَرَادَ شَيْـًٔاۖ اَنْ يَّقُوْلَ لَهٗ كُنْ فَيَكُوْنُ ٨٢

Latin : Innamaa amruhu iżaa araada syai`an ay yaqula lahu kun fa yakun. (QS. Yasin:82)

Artinya: "Sesungguhnya ketetapan-Nya, jika Dia menghendaki sesuatu, Dia hanya berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka, jadilah (sesuatu) itu." (QS. Yasin:82)

Surat Yasin turun di kota Makkah sehingga surat ini masuk dalam golongan surat Makkiyah. Surat Yasin berjumlah 83 ayat, nomer surat ke 36, Juz 22 (ayat 1-21) dan 23 (ayat 22-83) dalam kitab suci Al Qur'an.

Tafsir Quran Surat Yasin Ayat 82 Kemenag RI

Baca Juga: Doa Qunut Subuh Arab Latin dan Artinya Lengkap, Sholat Sendiri atau Berjamaah Mudah Dihafal

Apabila Dia menghendaki untuk menciptakan sesuatu, Dia hanya berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka dengan serta-merta jadilah sesuatu yang dikehendaki-Nya itu.

Mengingat kekuasaan-Nya yang demikian besar, maka adanya hari kebangkitan itu, di mana manusia dihidupkan-Nya kembali sesudah terjadinya kehancuran di hari Kiamat, bukanlah suatu hal yang mustahil, dan tidak patut diingkari.

Itulah Allah yang mahakuasa. Maka Mahasuci Allah yang di tangan-Nya kekuasaan penuh atas segala sesuatu di alam ini. Dialah yang menciptakan, mengatur, serta memeliharanya, dan kepada-Nya juga kamu dikembalikan.

Keyakinan akan kekuasaan Allah akan timbul dalam hati apabila manusia mau menggunakan akal sehatnya untuk memperhatikan alam semesta ini.

Itulah ulasan tentang surat Yasin ayat 82 lengkap dengan tulisan arab latin dan artinya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan tentang Islam.

Sumber : https://www.muslimterkini.id/khazanah/pr-905206518/surat-yasin-ayat-82-beserta-artinya-tentang-sifat-allah-iradat-yaitu-maha-berkehendak



BACA JUGA : 4 Rekomendasi Buku Yasin


Tag : Surat Yasin Ayat 82
Back To Top