Berapa Lama Baca Yasin 41 Kali

Berapa Lama Baca Yasin 41 Kali - Sebagian ulama menyebutkan bahwa diantara manfaat surah yasin yang dibaca 3 kali atau 41 kali ini, bagi yang rutin mengamalkannya akan dimudahkan urusan dan kebutuhannya. Lantas, apa dalil membaca Yasin 41 kali? 

Surat Yasin merupakan salah satu surat dalam Al-Qur'an yang memiliki keutamaan dan pahala yang besar. Selain memudahkan saat ajal, khasiat surah yasin yang merupakan jantung al qur'an ini juga memudahkan kebutuhan dan urusan.

Dalil Bacaan Yasin 41 Kali

Membaca Yasin fadilah untuk sebuah keinginan dapat dipraktekkan 3x, 7x, dan 41x. Amalan ini merupakan salah satu riyadhah atau cara melakukan amalan ruhani untuk meminta berkah rezeki melalui wasilah surah Yasin. Keutamaan membaca Surat Yasin, apalagi membacanya sebanyak 41 kali, akan memudahkannya.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud sebagai berikut: 

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله 

Artinya: "Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat pada malam Jum'at, Allah mengabulkan permintaannya." (HR. Abu Dawud dari al-Habr). 

قَالَ بَعْضُ الْعُلَمَاءِ مِنْ خَصَائِصِ هَذِهِ السُّوْرَةِ أَنَّهَا لاَ تُقْرَأُ عِْدَ أَمْرٍ عَسِيْرٍ إِلاَّ يَسَّرَهُ اللهُ.

Imam Ahmad meriwayatkan bahwa di antara keistimewaan surat Yasin, jika dibaca dalam urusan yang sulit, maka Allah akan memudahkan baginya. Ulama tafsir dan hadits, KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) dalam salah satu ceramahnya membahas keutamaan surat Yasin menyatakan bahwa amalan membaca Surat Yasin sebanyak 41 kali sudah terkenal atau masyhur.

Menurut Gus Baha, membaca Surah Yasin sebanyak 41 kali merupakan keutamaan yang sangat besar dan sangat sakral. “Saya punya teman wiridan Yasin 41 kali. Hari terakhir ini setelah beberapa tahun mengamalkannya pintu langsung dibuka, bisa langsung jalan kaki ke Walisongo. 

Sekarang orang itu sudah kaya. Itu karena berkah Surat Yasin. Surat Wiridan Yasin 41x," ujarnya dalam pengajian Kitab Syariatullah Al Kholidah yang diunggah Channel Youtube Nuha Channel.

Berapa Lama Baca Yasin 41 Kali

Berikut lima keutamaan membaca Surah Yasin pada malam Jum'at menurut hadits Nabi SAW. 

1. Dosa yang Diampuni 

وذكر الثعلبي عن أبي هريرة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : "من قرأ سورة يس ليلة الجمعة أصبح مغفورا له" 

Kata Imam Tsa'labi dari Abu Hurairoh Ra. "Barangsiapa membaca Yasin pada malam Jum'at, maka pagi harinya akan diampuni dosa-dosanya." [alJaamii' Li Ahkaam al-Quraan XV/3, Tafsiir Sirooj al-Muniir III/301]. 

Hadis lainnya: 

قَالَ الْحَافِظُ أَبُو يَعْلَى: حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ أَبِي إِسْرَائِيلَ، حَدَّ ثَنَا حَجَّ ??? قُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "مَنْ قَرَأَ يس فِي لَيْلَةٍ أَص ْبَحَ مَغْف ُورًا لَهُ وَمَنْ قَرَأَ: "حم" الَّتِي فِيهَا الدُّخَانُ أَصْبَحَ مَغْفُورًا لَهُ" 

Al-Hafi z Abu Ya'la berkata, beri tahu kami Ishaq ibn Abu Israil, telah menceritakan kepada kami Hajjaj ibn Muhammad, dari Hisya m ibn Ziad, dari Al-Hasan yang mengatakan bahwa dia telah mendengar Abu Hurairah r.a. mengatakan bahwa Rasulullah SAW. pernah berkata: Barangsiapa membaca surat Yasin pada malam hari, keesokan harinya ia diampuni. Dan siapa pun yang membaca Ha Mim di mana Dukhan (Surah Ad-Dukhan) disebutkan, akan diampuni di pagi hari. 

Sanad hadits ini adalah jayyid (baik). 

2. Keinginan dikabulkan. 

Keutamaan membaca Surat Yasin sendiri ditegaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud sebagai berikut. “Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat pada malam Jumat, Allah akan mengabulkan permohonan atau keinginannya.” (HR. Abu Dawud dari al-Habr). 

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud sebagai berikut:

 من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله 

Artinya: "Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat pada malam Jum'at, Allah mengabulkan permintaannya." (HR. Abu Daud dari al-Habr) 

3. Mendapatkan Pahala 10 Kali Membaca Al Quran 

يع، حَدَّثَنَا حُمَيْدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الرُّؤاسي، عَبْدِ الْحَسَ نِ بْنِ صَالِحٍ، عَنْ هَارُونَ أَبِي مُحَمَّدٍ، عَنْ مُقَاتِلِ بْنِ حَيَّانَ، عَنْ قَتَادَ ةَ، عَنْ أَنَسٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ قَلْبًا ، وَقَلْبُ الْقُرْآنِ يس.ومَنْ قَرَأَ يس كَتَبَ اللَّهُ لَهُ بِقِرَاءَتِهَا قِرَاءةَةَ الْقُرْآ نِ عَشْرَ مَرَّاتٍ". 

Abu Isa Imam Turmuzi berkata, telah memberi tahu kami Qutaibah dan Sufyan ibn Waki', telah memberi tahu kami Humaid ibn Abdur Rahman Ar-Rawasi, dari Al-Hasan ibn Saleh, dari Harun alias Abu Muhammad, dari Muqatil ibn Hayyan, dari Qatadah, dari Anas r.a. yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW. pernah berkata: Sesungguhnya segala sesuatu memiliki hati (inti) dan jantung Al-Qur'an adalah surat Yasin. Dan barangsiapa yang membaca surat Yasin, maka Allah akan mencatatnya untuknya karena membaca surat Yasin adalah pahala membaca Al-Qur'an sepuluh kali lipat.

Sumber artkel dan gambar : https://kaltim.inews.id/berita/dalil-membaca-yasin-41-kali-lengkap-tulisan-arab-dan-artinya/



BACA JUGA : 4 Rekomendasi Buku Yasin


Tag : Yasin 41 Kali
Back To Top