Bacaan Setelah Membaca Surah Yasin 3 Kali

Surah Yasin adalah salah satu surah dalam Al-Qur'an yang memiliki keutamaan dan keistimewaan tersendiri bagi umat Islam. Membaca Surah Yasin sering dilakukan dalam berbagai kesempatan, seperti saat berdoa untuk kesembuhan, memohon keberkahan, atau dalam acara-acara keagamaan. Ada juga tradisi di beberapa kalangan umat Islam untuk membaca Surah Yasin tiga kali dalam kondisi tertentu. Setelah membaca Surah Yasin tiga kali, disarankan untuk membaca doa-doa dan dzikir tertentu agar lebih lengkap dan sempurna. Berikut ini adalah panduan mengenai bacaan setelah membaca Surah Yasin tiga kali.

Keutamaan Membaca Surah Yasin

Surah Yasin dikenal sebagai "jantung" Al-Qur'an. Keutamaan membaca Surah Yasin antara lain:

  • Mendapatkan Ketenangan Hati: Membaca Surah Yasin dapat memberikan ketenangan dan kedamaian dalam hati.
  • Memperoleh Syafaat: Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa Surah Yasin dapat memberikan syafaat kepada pembacanya.
  • Memudahkan Urusan: Banyak yang meyakini bahwa membaca Surah Yasin dapat mempermudah berbagai urusan dan hajat.

Bacaan Setelah Membaca Surah Yasin Tiga Kali

Setelah membaca Surah Yasin tiga kali, disarankan untuk melanjutkan dengan doa-doa dan dzikir berikut ini:

1. Istighfar (Memohon Ampunan)

Memohon ampun kepada Allah atas segala dosa dan kesalahan.

"Astaghfirullahal 'adzim" (Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung)

2. Sholawat Nabi

Membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

"Allahumma shalli 'ala Muhammad wa 'ala ali Muhammad" (Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad)

3. Doa Yasin

Ada doa khusus yang sering dibaca setelah membaca Surah Yasin. Berikut adalah doa tersebut dalam bahasa Arab dan Latin:

Doa Yasin dalam Bahasa Arab:

"Allahumma inni as'aluka bi haqqi Suratil Yasin, wa bi haqqi man ursilta bihi, wa bi haqqi kulli nabiyyin wa waliyyin wa man amana bihi, an taj'ala Al-Qur'ana lana fi dunya qareena, wa fil qabri mu'nisa, wa fil qiyamati syafi'a, wa 'ala s-sirati nura, wa fil jannati rafiqa, wa minan nari sitra, wa hijaban, wa ila l-khayrati kulliha dalilan wa imama, bi rahmatika ya arhamar rahimin."

Doa Yasin dalam Bahasa Latin:

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan hak Surah Yasin, dan dengan hak orang yang diutus dengannya, dan dengan hak setiap nabi dan wali, dan orang yang beriman dengannya, jadikanlah Al-Qur'an sebagai teman dekat kami di dunia, sebagai penolong kami di kubur, sebagai pemberi syafaat di hari kiamat, sebagai cahaya di atas sirat, sebagai teman di surga, sebagai pelindung dari neraka, dan sebagai petunjuk kepada segala kebaikan dengan rahmat-Mu, wahai Yang Maha Pengasih di antara para pengasih."

4. Doa Mohon Hajat

Setelah membaca doa Yasin, disarankan untuk memohon hajat atau permintaan khusus kepada Allah SWT. Ini bisa berupa doa pribadi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing.

Contoh doa memohon hajat:

"Ya Allah, dengan berkah Surah Yasin yang telah aku baca, aku memohon kepada-Mu, kabulkanlah hajatku, penuhilah permintaanku, dan berikanlah kebaikan dalam urusan dunia dan akhirat. Amin."

Penutup

Membaca Surah Yasin tiga kali dan dilanjutkan dengan doa-doa khusus merupakan amalan yang banyak dilakukan oleh umat Islam untuk memohon keberkahan, perlindungan, dan kemudahan dalam hidup. Bacaan setelah membaca Surah Yasin tiga kali ini diharapkan dapat membantu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT serta mendapatkan rahmat dan berkah-Nya.

Semoga panduan ini bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk ikhtiar dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selamat beribadah, semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita dan memberikan keberkahan dalam setiap langkah kita. Aamiin.



BACA JUGA : 4 Rekomendasi Buku Yasin


Tag : bacaan yasin
Back To Top